Mengaktifkan menonaktifkan fitur Mono Audio Windows 10

PC atau laptop saat ini tidak sekedar sebagai sarana untuk mengolah data, tetapi juga sebagai sarana hiburan. Misalnya, Anda dapat menggunakan komputer untuk memutar film (video) atau mendengarkan musik (audio). Microsoft Window sendiri mendukung penuh fungsi multimedia serta menawarkan beberapa fitur yang terkait, salah satunya adalah mono audio.

Terkait suara (audio), ada dua mode yang umum dikenal yaitu mono dan stereo. Secara sederhana, mono artinya bunyi atau suara lengkap yang dihantarkan melalui satu saluran (channel) saja, sedangkan untuk stereo, bunyi atau suara dihantarkan melalui lebih dari satu saluran. Ketika menggunakan headphone atau headset, di mode mono, bunyi atau suara yang masuk ke kedua telinga sama, sedangkan di stereo, bunyi atau suara yang masuk berbeda, seakan-akan terpisah.

Baca artikel:

Mono audio adalah fitur aksesibilitas khusus Windows 10 yang memastikan bahwa orang dengan gangguan pendengaran sebagian atau tuli di satu telinga tetap dapat mendengar semua bunyi atau suara secara lengkap. Pengguna Windows 10 yang memiliki gangguan pendengaran sebagian dapat mengaktifkan fitur mono audio ini agar tidak ada bunyi atau suara yang terlewatkan.

Baca artikel Mengenal Kartu Suara (Sound Card) Komputer

Secara default, fitur mono audio di Windows 10 dinonaktifkan. Bila diinginkan, Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui aplikasi Settings (Windows Settings) atau Windows Registry. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kembali fitur mono audio di Windows 10.

1. Melalui Windows Settings.

Ini adalah cara paling mudah untuk umumnya pengguna Windows 10. Windows 10 sendiri telah menyediakan akses melalui aplikasi Settings (Windows Settings) untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kembali mono audio. Ada beberapa cara membuka aplikasi Settings, salah satunya melalui pintasan keyboard Windows + I. Di jendela Windows Setting yang muncul, pilih Ease of Access (Narator, magnifier, high contrast)).

Mengaktifkan menonaktifkan fitur Mono Audio di Windows 10

Di jendela Settings - Ease of Access, di bilah kiri, di kelompok Hearing, klik atau pilih Audio (1) dan di bilah kanan, ubah nilai switch button Turn on mono audio dari Off ke On (2) untuk mengaktifkan mono audio. Bila di lain waktu ingin menonaktifkan kembali mono audio, Anda dapat mengulangi langkah ini dan kemudian ubah nilai switch button Turn on mono audio dari On ke Off.

Mengaktifkan menonaktifkan fitur Mono Audio di Windows 10

2. Melalu Registry.

Registry, lengkapnya Windows Registry, adalah basis data (database) informasi, pengaturan (settings), opsi dan nilai lainnya untuk software dan hardware yang terinstal di Microsoft Windows. Mengubah pengaturan atau nilai melalui Registry hendaknya dilakukan secara hati-hati karena dapat mengakibatkan Microsoft Windows bermasalah.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mono audio melalui Registry, buka terlebih dahulu kotak dialog Run melalui pintasan keyboard Windows + R, ketik regedit di kotak teks (text box) Open dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Di jendela Registry Editor yang muncul, gunakan bilah kiri untuk menavigasi ke key di bawah ini.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Multimedia\Audio

Untuk mengaktifkan mono audio, di bilah kanan, klik ganda (double clicks) registry key AccessibilityMonoMiState (1) untuk menampilkan kotak dialog Edit DWORD (32-bit) Value, ubah nilai Value data dari 0 ke 1 (2) dan kemudian klik tombol OK (3) untuk menyimpan perubahan.

Mengaktifkan menonaktifkan fitur Mono Audio di Windows 10

Bila di lain waktu ingin menonaktifkan kembali mono audio, Anda dapat mengulangi langkah yang sama, kemudian ubah nilai Value data dari 1 ke 0 (1) dan selanjutnya klik tombol OK (2) untuk menyimpan perubahan.

Mengaktifkan menonaktifkan fitur Mono Audio di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It