Mengenal Firefox Extended Support Release (Firefox ESR)

Apa Itu Firefox Extended Support Release (ESR)?

Sebagaimana browser modern lainnya, Mozilla Firefox juga mendapatkan update secara berkala. Secara default, Moilla Firefox diatur untuk melakukan update otomatis bila versi baru telah tersedia. Update sangat penting untuk semua browser termasuk Mozilla Firefox. Dengan melakukan update, celah keamanan yang ditemukan di versi sebelumnya dapat diperbaiki.

Perbaikan celah kemanan menjadi faktor utama update browser perlu dilakukan. Anda tidak disarankan menggunakan browser Mozilla Firefox versi lama (older version) karena cukup beresiko. Browser Mozilla Firefox versi lama rentan terhadap serangan dan dapat membahayakan sistem komputer serta informasi pribadi Anda.

Baca artikel

Selain perbaikan celah keamanan yang ditemukan, update browser Mozilla Firefox juga membawa fitur baru atau peningkatan pada fitur yang ada. Namun demikian, tidak jarang update browser juga menghapus fitur yang ada, add-on menjadi tidak kompatible atau didapati versi terbaru tidak lebih stabil dari versi sebelumnya.

Ada kebaikan dari melakukan update browser Mozilla Firefox, namun juga ada yang tidak diharapkan. Anda mungkin lebih memerlukan fitur yang dihapus dari pada fitur baru yang ditambahkan. Anda berharap tidak ada masalah kompatibilitas add-on yang terinstal. Anda juga ingin versi terbaru lebih stabil dari versi sebelumnya. Di sisi lain, perbaikan pada celah keamanan harus dilakukan melalui update.

Dihapusnya fitur yang digunakan, add-on yang tidak kompatibel, versi baru yang tidak lebih stabil menjadi alasan sebagian pengguna Mozilla Firefox tetap bertahan dengan versi lama. Mereka yang sudah melakukan update kemudian melakukan downgrade dengan kembali menginstal Mozilla Firefox versi lama dan mengatur untuk menonaktifkan browser Firefox agar tidak update otomatis.

Menghadapi dilema update browser Firefox standar, Mozilla menyediakan versi lain Firefox yang disebut dengan Firefox Extended Support Release (ESR). Firefox ESR tidak diperbarui dengan fitur-fitur baru seperti pada browser Mozilla Firefox standar. Namun demikian, Firefox ESR tetap terus diperbarui dengan perbaikan pada keamanan, bug yang ditemukan dan stabilitas yang dianggap sangat penting.

Firefox ESR bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin melakukan downgrade browser Mozilla Firefox karena dihapusnya fitur yang digunakan. Bila Anda ingin menggunakan Firefox ESR, Anda dapat mengunduh (download) melalui website resmi Mozilla di halaman unduhan Firefox ESR.

Di halaman unduhan Firefox ESR, di area sebelah kanan, pastikan Anda memilih Firefox Extended Support Release (1), tentukan sistem operasi Microsoft Windows yang Anda gunakan, apakah menggunakan Windows 32-bit atau 64-bit (2), pilih bahasa yang Anda inginkan, misalnya Indonesian - Bahasa Indonesia (3) dan kemudian klik tombol Unduh Sekarang (4).

Apa itu Firefox Extended Support Release (Firefox ESR)

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder tempat menyimpan file installer Firefox ESR (1) dan kemudian klik tombol Save (2). Untuk menginstal, jalankan atau klik ganda file installer yang baru diunduh.

Apa itu Firefox Extended Support Release (Firefox ESR)
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It