Cara membuat garis tepi ganda di Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengolah gambar (image editing) dengan fitur sangat kompleks. Aplikasi ini terkenal di kalangan graphic designer dan juga photographer untuk memberi sentuhan pada gambar, foto atau obyek lain yang dibuat. Bagi pemula, Adobe Photoshop bisa dikatakan cukup membingungkan karena kompleksitas fiturnya, sedangkan sentuhan yang sama bisa dilakukan lebih mudah menggunakan aplikasi lain.

Sekarang ini, banyak dokumen profesional yang juga menyertakan gambar, foto atau obyek lain untuk memperjelas isi. Umumnya, sebelum digunakan, gambar, foto atau obyek tersebut akan diedit terlebih dahulu di aplikasi pengolah gambar, misalnya Adobe Photoshop, sebelum disisipkan ke dokumen. Salah satu sentuhan umum yang diberikan pada gambar, foto atau obyek lain adalah memberi efek garis tepi atau garis batas (border).

Baca artikel Membuat Garis Tepi (Border) Dengan CSS

Pemberian garis tepi pada gambar, foto dan obyek lain akan menambah kesan kuat dan bagus. Lalu, bagaimana cara memberi garis tepi (batas) di Adobe Photoshop? Untuk Membuat garis tepi tunggal di Adobe Photoshop dapat dilakukan lebih mudah dengan efek Stroke. Namun, bila ingin memberi garis tepi (batas) ganda, Anda perlu berkreasi di Adobe Photoshop.

Baca artikel Memberi Garis Tepi (Border) Pada Gambar Di Microsoft Word

Sebenarnya, bila Anda telah menggunakan Adobe Photoshop CC, Anda dapat menggandakan efek Stroke sehingga dapat membuat dua atau lebih garis tepi (batas) dengan sangat mudah. Namun, bila Anda masih menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 atau versi sebelumnya, ada beberapa cara untuk memberi garis tepi (batas) ganda pada gambar, foto atau obyek lainnya, salah satunya dengan kombinasi efek Stroke dan Outer Glow.

Cara Membuat memberi garis tepi ganda di Adobe Photoshop

Di artikel kali ini, akan diberikan cara membuat garis tepi (batas) ganda di Adobe Photoshop CS6. Garis tepi (batas) ganda ini akan mengitari setiap huruf teks untuk membuat lebih tegas dan bagus. Anda juga dapat menerapkan cara ini pada gambar, foto atau obyek lainnya. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop dan buat dokumen baru dengan warna latar putih melalui menu File > New.... Buat obyek (konten) berupa teks menggunakan Horiontal Type Tool, misalnya teks "Garis Tepi" atau Anda bisa juga menggunakan gambar atau foto yang Anda miliki. Atur jenis dan ukuran font sesuai keinginan.

Cara Membuat memberi garis tepi ganda di Adobe Photoshop

Di bagian paling bawah panel, klik ikon Add a layer style (1) dan kemudian pilih Stroke... (2).

Cara Membuat memberi garis tepi ganda di Adobe Photoshop

Efek Stroke Photoshop digunakan untuk membuat garis tepi (batas) pertama atau yang di bagian dalam. Di kotak dialog Layer Style yang muncul, pastikan kotak centang Stroke telah dicentang dan terseleksi (1). Rubah nilai pengaturan untuk Size (2), Opacity (3) dan Color (4) sesuai gambar di bawah atau sesuai keinginan Anda dan klik tombol OK (5) untuk mengakhiri. Sekarang, dapat dilihat garis tepi (batas) pertama atau bagian dalam teks sudah dibuat.

Cara Membuat memberi garis tepi ganda di Adobe Photoshop

Langkah berikutnya, ulangi dengan mengklik kembali ikon Add a layer style dan kali ini pilih Outer Glow.

Efek Outer Glow Photoshop ini digunakan untuk membuat garis tepi (batas) kedua atau di bagian luar. Di kotak dialog Layer Style yang muncul, pastikan kotak centang Outer Glow telah dicentang dan terseleksi (1), di kelompok Structure, rubah opsi Blend Mode (2), nilai Opacity (3) dan Color (4), di kelompok Elements, rubah nilai Size (5) dan di kelompok Quality, rubah nilai Range (6) atau rubah nilai-nilai di atas sesuai keinginan Anda. Klik tombol OK (7) untuk mengakhiri.

Cara Membuat memberi garis tepi ganda di Adobe Photoshop

Gambar berikut ini adalah hasil akhir teks yang telah diberi garis tepi (batas) ganda menggunakan efek Stroke dan Outer Glow Adobe Photoshop.

Cara Membuat memberi garis tepi ganda di Adobe Photoshop
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It