Ketika Anda fokus untuk membuat dokumen Microsoft Word, Anda bisa saja lupa untuk menyimpan dokumen yang sedang dikerjakan. Sesuatu bisa saja terjadi yang menyebabkan Anda kehilangan dokumen, misalnya Microsoft Word mengalami crash, komputer yang Anda gunakan bermasalah, listrik padam dan lain sebagainya. Bila benar ini terjadi, tentu akan menjadi mimpi buruk dan Anda perlu membuat ulang dokumen dari awal.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini, Microsoft Word telah dilengkapi fitur yang akan menyimpan secara otomatis dokumen yang sedang dibuat dalam rentang waktu setiap 10 menit. Dari hasil menyimpan dokumen secara otomatis ini, Microsoft Word akan membuat file AutoReccover. File AutoRecover akan dibuka ketika Anda menjalankan atau memulai kembali Microsoft Word.

Bila Anda merasa bahwa fitur ini sangat membantu dan Anda tidak ingin kehilangan banyak bagian dokumen yang sedang dibuat, Anda dapat merubah frekuensi simpan otomatis Microsoft Word. Anda dapat merubah atau meningkatkan frekuensi simpan otomatis dari setiap 10 menit menjadi, misalnya 5 menit. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kehilangan banyak bagian dokumen yang sedang dikerjakan saat itu bila sesuatu yang tidak diharapkan terjadi.

Jalankan atau buka aplikasi Microsoft Word, klik menu File, di backstage screen yang muncul, pilih tab Options.

Cara merubah frekuensi simpan otomatis di Microsoft Office

Di kotak dialog Word Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Save (1), di bagian Save documents, rubah nila default 10 menjadi 5 atau nilai yang Anda kehendaki dan kemudian klik tombol OK (3) untuk menyimpan perubahan dan menutup kotak dialog Word Options.

Cara merubah frekuensi simpan otomatis di Microsoft Office

Fitur ini juga ada di beberapa aplikasi yang ada di Microsoft Office seperti Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It