Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang memiliki fitur pemformatan dan pengeditan yang cukup lengkap. Salah satu fitur untuk membantu proses pengeditan teks adalah Strikethrough yaitu coretan berupa garis horisontal tepat di tengah teks (kata, frase, kalimat atau paragraf). Anda tentu pernah melihat coretan dimaksud pada teks di dokumen Microsoft Word dan bahkan coretan serupa di artikel-artikel online.

Meskipun sama-sama untuk mengedit teks, teks yang dicoret dengan fitur Strikethrough berbeda dengan teks yang diredaksi atau disunting. Teks yang dicoret masih dapat dibaca sedangkan teks yang diredaksi tidak dapat dibaca sama sekali karena tertutup warna hitam. Coretan pada teks masih bisa dihilangkan lagi dengan memformat ulang, sedangkan warna hitam hasil dari proses meredaksi (menyunting) bersifat permanen.

Baca artikel:

Mencoret teks dengan fitur Strikethrough biasanya digunakan untuk menunjukkan penghapusan kesalahan atau penghapusan teks dalam konsep. Umumnya digunakan profesional seperti editor ketika mengedit naskah tulisan seseorang. Di Microsoft Word, Anda dapat menggunakan coretan satu garis (strikethrough) atau coretan dua garis (double strikethrough). Berikut ini cara membuat coretan pada tulisan atau teks (Strikethrough) di dokumen Microsoft Word.

Baca artikel:

Jalankan aplikasi Microsoft Word, buka dokumen atau ketik teks baru. Sorot atau seleksi teks yang akan dicoret atau diberi strikethrough. Pastikan Anda di tab Home (2), di kelompok Font, klik tombol Strikethrough (2).

Membuat coretan teks strikethrough di dokumen Microsoft Word

Sekarang, teks (kata, frase, kalimat atau paragraf) telah diberi coretan berupa garis horisontal tepat di tengah.

Membuat coretan teks strikethrough di dokumen Microsoft Word

Alternatif lain adalah Anda dapat menggunakan kotak dialog Font. Dengan kotak dialog Font, Anda memiliki opsi untuk menggunakan coretan dua garis (double strikethrough). Pastikan Anda telah menyeleksi atau menyorot teks yang akan dicoret, di tab Home (1), di kelompok Font, klik tombol opsi Font lanjutan.

Membuat coretan teks strikethrough di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Font yang muncul, pastikan tab Font aktif (1), beri tanda centang di kotak centang Double strikethrough (2), Anda dapat melihat pratinjau teks yang dicoret (3) dan kemudian klik tombol OK (4).

Membuat coretan teks strikethrough di dokumen Microsoft Word

Sekarang, teks (kata, frase, kalimat atau paragraf) telah diberi coretan berupa dua garis horisontal tepat di tengah.

Membuat coretan teks strikethrough di dokumen Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It