Pernyataan perulangan for di program Java

Perulangan for Di Program java

Di Java, perulangan for dimulai dengan kata kunci for, diikuti oleh tanda kurung buka, aksi-awal, kondisi-kelanjutan-loop, aksi-setelah-tiap-iterasi, kurung penutup, opening brace, pernyataan atau blok pernyataan dan selanjutnya diakhiri dengan closing brace. Secara umum, sintaksis penulisan perulangan for adalah sebagai berikut:

for (aksi-awal, kondisi-kelanjutan-loop, aksi-setelah-tiap-iterasi) {
   // loop body
   pernyataan atau blok pernyataan;
}

Perulangan for menggunakan sebuah variabel untuk mengontrol berapa kali pernyataan atau blok pernyataan akan dieksekusi dan kapan perulangan tersebut berakhir. Variabel ini disebut dengan variabel kontrol (control variable). Berikut ini adalah bagan alir dari perulangan for:

Bagan alir perulangan for di Java

Variabel kontrol harus dideklarasikan di dalam struktur kontrol perulangan for atau bisa juga sebelum perulangan for. Apabila variabel kontrol dari perulangan for digunakan hanya di dalam perulangan dan tidak digunakan di tempat lain, maka variabel kontrol tersebut sebaiknya dideklarasikan di aksi-awal dari perulangan for. Untuk variabel kontrol yang dideklarasikan dengan cara demikian, tidak dapat diacu atau digunakan untuk maksud lain di luar perulangan for.

Baca artikel Perulangan for Lanjutan (Enhanced for Statement) Di Java

Berikut ini adalah contoh sederhana program membentuk gambar segitiga siku-siku dari karakter asterisk (*). Gambar segitiga siku-siku dibuat dengan menggunakan perulangan for tersarang dan hasilnya ditampilkan di kotak dialog pesan.

Baca artikel:

// Nama file : SegitigaSiku2.java
// Membentuk gambar segitiga siku-siku dengan tanda asterik

// Mengimpor Java predifined class
import javax.swing.JOptionPane;

// Deklarasi kelas segitigaSiku2
public class SegitigaSiku2 {

   public static void main(String[] args) {
   
      String asterik = "";

      for (int x = 1; x <= 7; x++) {
      
         // pernyataan for tersarang 
         for (int y = 0; y < x; y++) {
            asterik += "* ";
         }
      
         asterik += "\n";
      }
   
      JOptionPane.showMessageDialog(null, asterik, "Gambar Segitiga Siku-Siku",
         JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

      System.exit(0);
   }
}

Menggunakan perulangan for di Java
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It