Microsoft Word adalah salah satu aplikasi yang terdapat di paket aplikasi Microsoft Office. Microsoft Word merupakan aplikasi khusus untuk mengolah kata (word processor). Anda dapat menggunakan Microsoft Word untuk membuat berbagai jenis dokumen. Microsoft Word dilengkapi dengan banyak fitur yang akan mempermudah dalam pembuatan dokumen profesional Anda.

Salah satu fitur penting di Microsoft Word adalah Find and Replace. Anda dapat menggunakan fitur Find and Replace ini untuk menemukan kata, angka atau frase tertentu di dalam dokumen dan kemudian menggantinya dengan sesuatu yang lain. Di artikel ini, akan dijelaskan cara menggunakan fitur Find and Replace untuk merubah spasi ganda menjadi spasi tunggal di dokumen Microsoft Word.

Baca artikel:

Umumnya, ketika membuat dokumen, misalnya saja surat bisnis perusahaan, spasi antar kata pada dokumen menggunakan spasi tunggal (single space). Bisa saja ketika sedang membuat dokumen, ada kesalahan pemberian spasi dan tanpa sengaja memberi spasi ganda. Untuk seseorang yang terbiasa membuat surat, biasanya jeli dan dapat melihat adanya spasi ganda (double spaces) saat masih dalam konsep di Microsoft Word atau ketika sudah dicetak sebagai draf untuk dikoreksi dan mendapat persetujuan.

Baca artikel:

Semakin panjang dokumen yang dibuat, kemungkinan kesalahan berupa spasi ganda bisa semakin banyak. Tentu, untuk melakukan perbaikan, diperlukan waktu dan kemungkinan bisa saja ada yang terlewat. Untuk memastikan bahwa semua spasi ganda telah dirubah menjadi spasi tunggal, Anda dapat menggunakan fitur Find and Replace. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka dokumen yang spasi gandanya akan dirubah menjadi spasi tunggal. Di dokumen yang terbuka, dapatkah Anda menghitung ada berapa jumlah spasi ganda? Di dokumen yang terbuka, ada 14 spasi ganda dan semuanya akan dirubah menjadi spasi tunggal.

Merubah spasi ganda ke spasi tunggal di dokumen Microsoft Word

Di tab Home, di kelompok Editing, klik tombol Replace untuk menampilkan kotak dialog Find and Replace.

Merubah spasi ganda ke spasi tunggal di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Find and Replace yang muncul, ketikkan spasi ganda (tekan dua kali tombol spasi) di kotak teks Find what (1) dan kemudian ketikkan spasi tunggal (teka satu kali tombol spasi) di kotak teks Replace with (2) dan kemudian klik tombol Replace All (3).

Merubah spasi ganda ke spasi tunggal di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Microsoft Word yang muncul, diinformasikan ada 14 penggantian telah dilakukan. Ini artinya ada 14 perubahan dari spasi ganda menjadi spasi tunggal. Untuk mengakhiri, klik tombol OK. Anda dapat menutup kembali kotak dialog Find and Replace yang masih muncul.

Merubah spasi ganda ke spasi tunggal di dokumen Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It