Untuk Anda yang sering menggunakan Microsoft Excel, tentu sudah tidak asing dengan beberapa cara dalam memformat nilai numerik (angka). Microsoft Excel menyediakan fitur untuk menentukan format tertentu, misalnya menentukan jumlah angka dibelakang tanda desimal, ingin menyertakan pemisah ribuan atau tidak, menggunakan simbol mata uang atau tidak dan lain sebagainya.

Anda mungkin pernah memasukkan nilai 0 (nol / zero) di sel (cell) Microsoft Excel. Secara default, Microsoft Excel menampilkan nilai 0 yang dimasukkan ke dalam sel. Tergantung preferensi Anda masing-masing. Anda juga dapat menyembunyikan atau tidak menampilkan nilai 0. Setiap sel yang bernilai 0 hanya akan menampilkan sel kosong. Ada beberapa cara untuk menyembunyikan nilai 0 di Microsoft Excel. Anda dapat menggunakan salah satu di antara Excel Options, custom format number, conditional formating atau juga formula.

Artikel menarik lainnya:

Anda dapat memperhatikan tabel sederhana di bawah ini. Beberapa sel Microsoft Excel memiliki nilai 0. Nilai-nilai 0 di sel Excel tersebut bisa disembunyikan atau tidak ditampilkan sehingga sel menjadi kosong. Bila Anda ingin menyembunyikan atau tidak menampilkan nilai 0, berikut ini adalah caranya melalui Excel Options dan custom format number:

Menyembunyikan nilai 0 (Zero) di Microsoft Excel

1. Menggunakan Excel Options.

Untuk memulai, klik menu File, di backstage Microsoft Excel yang muncul, klik atau pilih Options.

Menyembunyikan nilai 0 (Zero) di Microsoft Excel

Di kotak dialog Excel Options yang muncul, klik tab Advenced (1), di bagian Display options for this worksheet (2), hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Show a zero in cells that have zero value (3) dan kemudian klik OK (4).

Menyembunyikan nilai 0 (Zero) di Microsoft Excel

2. Menggunakan custom format number.

Sorot atau blok semua sel Microsoft Excel yang di dalamnya terdapat nilai 0 untuk disembunyikan, klik kanan mouse tepat di sel atau range yang tersorot untuk menampilkan menu pintas dan kemudial pilih Format Cells...

Menyembunyikan nilai 0 (Zero) di Microsoft Excel

Di kotak dialog Format Cells yang muncul, pastikan Anda berada di tab Number (1), di bagian daftar Category, pilih Custom (2), ketikan 0;-0;;@ di kotak teks berlabel Type (3) dan kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri (4).

Menyembunyikan nilai 0 (Zero) di Microsoft Excel

Apabila salah satu langkah di atas diikuti dengan benar, maka nilai 0 (zero) di setiap sel akan disembunyikan atau tidak ditampilkan.

Menyembunyikan nilai 0 (Zero) di Microsoft Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner