4 Cara Menyembunyikan Dan Menampilkan Kembali Gridlines Di Microsoft Excel

Anda tentu sudah tidak asing dengan lembar kerja (worksheet) Microsoft Excel. Di lembar kerja tersebut, terdapat garis samar horizontal dan vertikal dengan warna abu-abu yang mewakili batas-batas untuk membedakan sel pada lembar kerja. Garis samar berwarna abu-abu ini disebut dengan gridlines. Secara default, gridlines ditampilkan di lembar kerja Microsoft Excel.

Tidak sedikit dari pengguna Microsoft Excel yang dibingungkan antara gridlines dan border. Secara default, gridline ada di semua lembar kerja Excel, sedangkan border adalah garis batas atau tepi yang Anda tambahkan untuk membuat garis horisontal, vertikal atau tabel melalui fitur Border Microsoft Excel. Gridlines tidak ikut tercetak kecuali Anda mengubah pengaturan default, sedangkan border tercetak.

Baca artikel:

Apa kegunaan gridlines di Microsoft Excel? Gridlines membuat data lebih mudah dibaca meskipun tanpa ada border. Gridlines membantu meluruskan atau menyelaraskan (align) teks atau obyek seperti foto, gambar, grafik, shape dan lain sebagainya yang ditambahkan ke lembar kerja (worksheet) Microsoft Excel.

Baca artikel Menampilkan Gridlines Di Dokumen Microsoft Word

Gridlines sangat membantu ketika Anda sedang bekerja dengan Microsoft Excel. Namun, bila pekerjaan telah rapi dan siap dipresentasikan, pada umumnya gridline disembunyikan untuk sementara waktu. Di Microsoft Excel, Ada beberapa cara berbeda menyembuyikan gridlines. Berikut ini adalah empat cara untuk menyembuyikan dan menampilkan kembali gridlines di Microsoft Excel:

1. Melalui kotak centang Gridlines.

Untuk menyembunyikan gridlines melalui kotak centang (check box) Gridlines, klik tab View (1), di kelompok Show, hilangkan tanda centang di kotak centang Gridlines (2). Untuk menampilkan kembali gridlines, beri tanda centang di kotak centang Gridlines.

Cara menampilkan dan menyembunyikan kembali gridlines di Microsoft Excel

2. Melalui kotak centang View dari Gridline.

Untuk menyembunyikan gridlines melalui kotak centang (check box) View dari Gridlines, klik tab Page Layout (1), di kelompok Sheet Options, hilangkan tanda centang di kotak centang View dari Gridline (2). Untuk menampilkan kembali gridlines, beri tanda centang di kotak centang View dari Gridlines.

Cara menampilkan dan menyembunyikan kembali gridlines di Microsoft Excel

3. Melalui Excel Options.

Untuk menyembunyikan gridlines melalui Excel Options, klik pada menu File, di backstage Microsoft Excel yang muncul, klik Options. Di jendela Excel Options yang muncul, klik tab Advenced (1), gulung ke bawah area sebelah kanan sampai di kelompok Display options for this worksheet (2), hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) Show gridlines (3) dan kemudian klik tombol OK (4). Cara menampilkan dan menyembunyikan kembali gridlines di Microsoft Excel

Untuk menampilkan kembali gridline melalui Excel Options, ulangi langkah di atas, beri tanda centang di kotak centang Show gridlines dan kemudian klik tombol OK.

4. Mengubah warna latar lembar kerja.

Warna latar (background color) lembar kerja (worksheet) Microsoft Excel adalah putih, sedangkan gridlines adalah abu-abu. Dengan mengubah warna latar lembar kerja Excel, gridlines akan hilang.

Gunakan pintasan keyboard Ctrl + A untuk menyeleksi semua baris dan kolom Excel, klik tab Home (1), klik Fill Color (2) dan kemudian pilih warna putih atau white (3). Cara menampilkan dan menyembunyikan kembali gridlines di Microsoft Excel

Untuk menampilkan kembali gridlines, ulangi langkah di atas dan untuk kali ini, Anda pilih No Fill.

Cara menampilkan dan menyembunyikan kembali gridlines di Microsoft Excel
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It