Cara memeriksa versi Bluetooth di Windows

Cara Memeriksa Versi Bluetooth Di Microsoft Windows 10

Bluetooth adalah teknologi komunikasi tanpa kabel (wireless) dengan cakupan jarak yang tidak terlalu jauh. Bluetooth digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain seperti PC, laptop, tablet dan juga smartphone. Anda dapat menggunakan Bluetooth untuk mentransfer data antar perangkat yang sama-sama memiliki teknologi Bluetooth ini. Teknologi Bluetooth terus mengalami perkembangan. Seringkali, versi baru menimbulkan masalah dalam hal transfer data.

Pada umumnya, perangkat seperti laptop yang ada di pasaran saat ini sudah mendukung Bluetooth 4.0 atau yang terbaru. Laptop yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows 10 minimal memerlukan Bluetooth 4.0 atau yang terbaru, bila tidak, Anda tidak dapat melakukan transfer data menggunkan teknologi ini.

Baca artikel terkait: Menghubungkan Komputer Ke Perangkat lain Menggunakan Bluetooth

Salah satu fitur Windows 10 Version 1803 (Spring Creators Update), Nearby Share yaitu fitur berbagi file antara dua komputer Windows 10, memerlukan Bluetooth 4.0 atau yang terbaru. Bila laptop Windows 10 Anda masih menggunakan Bluetooth versi sebelumnya, Anda tidak dapat menggunakan fitur Nearby Share ini.

Versi Bluetooth sebenarnya dapat ditemukan di buku manual atau melalui website resmi pabrikan. Dalam situasi dimana Anda kehilangan buku manual atau sulit menemukan melalui website, Anda masih dapat mengetahui versi Bluetooth melalui Windows Device Manager, Berikut ini adalah cara memeriksa versi Bluetooth melalui Windows Device Manager:

Klik kanan tombol Start Windows (1) dan kemudian pilih Device Manager (2).

Cara memeriksa versi Bluetooth di Windows

Di jendela Device Manager yang muncul, cari perangkat Bluetooth dan kemudian perluas (1), klik kanan Bluetooth adapter (2) dan selanjutnya pilih Properties (3).

Cara memeriksa versi Bluetooth di Windows

Di kotak dialog berikutnya yang muncul (Bluetooth USB Module Properties), pastikan Anda berada di tab Advanced (1) dan di bagian Firmware version, Anda dapat melihat LMP version yaitu LMP 6.1 (2).

Cara memeriksa versi Bluetooth di Windows

Versi LMP cocok atau sesuai dengan versi Bluetooth sebagai berikut:

  • LMP 9.x – Bluetooth 5.0
  • LMP 8.x – Bluetooth 4.2
  • LMP 7.x – Bluetooth 4.1
  • LMP 6.x – Bluetooth 4.0
  • LMP 5.x – Bluetooth 3.0 + HS
  • LMP 4.x – Bluetooth 2.1 + EDR
  • LMP 3.x – Bluetooth 2.0 + EDR
  • LMP 2.x – Bluetooth 1.2
  • LMP 1.x – Bluetooth 1.1
  • LMP 0.x – Bluetooth 1.0b

Berdasarkan pada tabel di atas, LMP 6.1 sama dengan Bluetooth 4.0. Jadi versi Bluetooth di atas adalah Bluetooth 4.0.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It