Cara menghapus (remove) bloatware dari Windows 10

Windows adalah sistem operasi paling populer di dunia dari dulu sampai saat ini. Meskipun cukup banyak sistem operasi pesaing yang ada dan bahkan sebagian bersifat open source, rasanya sangat sulit bisa menggeser Windows dari posisi puncak sistem operasi. Windows 10 sebagai sistem operasi penerus Windows 8.1 secara konsisten mengalami pertambahan jumlah pengguna dari waktu ke waktu.

Bila Anda pengguna setia Windows dan telah pula menggunakan beberapa versi lama sistem operasi ini, Anda dapat merasakan perubahan nyata pada Windows 10 terkait fitur dan antarmuka grafisnya dibandingkan dengan Windows 7 atau versi Windows sebelumnya. Anda juga akan menemukan cukup banyak aplikasi bawaan baru (new built-in apps) yang tidak ada di versi Windows sebelumnya.

Baca artikel Menghapus (Uninstall) Aplikasi Xbox Dari Windows 10

Mungkin saja, sebagian besar atau bahkan semua aplikasi baru bawaan Windows 10 tersebut tidak akan terpakai atau dianggap tidak berguna. Secara umum, aplikasi semacam ini, misalnya Money, Sports, News, Xbox app dan beberapa yang lain, disebut dengan bloatware atau crapware. Meskipun bloatware termasuk aplikasi, namun Anda tidak dapat menemukan di daftar Programs and Features sebagaimana aplikasi Windows umumnya.

Menghapus (remove) bloatware dari Windows 10

Bloatware tidak hanya ditemukan di Windows 10. Biasanya, pabrikan juga menyertakan aplikasi pra-instal ke dalam perangkat yang mereka buat seperti laptop, tablet atau smartphone. Misalnya, ketika Anda membeli PC atau laptop Lenovo, Anda akan mendapati aplikasi semacam bloatware bernama Lenovo's SuperFish.

Karena tidak ditemukan di daftar Programs and Features, Anda tidak dapat menghapus melalui fitur ini. Namun, sebagian bloatware dapat dihapus (remove) dengan mudah melalui context menu klik kanan mouse dan sebagian lagi perlu dihapus melalui baris perintah di Windows PowerShell yang umumnya jarang diketahui oleh pengguna Windows atau melalui skrip Windows PowerShell bernama Windows10Debloater yang dikembangkan Sycnex.

Menghapus (remove) bloatware dari Windows 10

1. Menghapus bloatware melalui PowerShell.

Apa urgensinya menghapus (remove) aplikasi tidak berguna (bloatware) bagi pengguna Windows? Tentu Anda tidak mengharapkan ada aplikasi yang terinstal di komputer Windows namun tidak pernah digunakan sama sekali. Aplikasi yang demikian hanya akan memberatkan kerja komputer dan juga menyita ruang penyimpan hard drive yang tidak sedikit.

Pertama-tama, buka atau jalankan Windows PowerShell sebagai Administrator. Cara cepat membuka Windows PowerShell adalah melalui menu WinX. Klik kanan tombol Start (1) dan kemudian pilih Windows PowerShell (Admin) (2). Bila di menu WinX yang muncul adalah Windows Command Prompt, Anda perlu mengganti Command Prompt dengan Windows PowerShell terlebih dahulu.

Baca artikel Menjalankan PowerShell Sebagai Administrator Di Windows 10

Menghapus (remove) bloatware dari Windows 10

Setelah jendela Windows PowerShell terbuka, Anda dapat menampilkan daftar lengkap aplikasi yang dianggap sebagai bloatware dan kemudian menggunakan nama paket dari aplikasi untuk menghapus (remove) aplikasi yang diinginkan. Di jendela Windows PowerShell, ketik perintah DISM /Online /Get-ProvisionedAppxPackages | select-string Packagename dan tekan tombol keyboard Enter untuk menampilkan daftar aplikasi.

Menghapus (remove) bloatware dari Windows 10

Untuk menghapus aplikasi tertentu, gunakan perintah DISM /Online /Remove-ProvisionedAppxPackage /PackageName:PACKAGENAME dimana PACKAGENAME adalah nama paket dari aplikasi yang ingin dihapus. Misalnya, Anda ingin menghapus Microsoft ZuneVideo yaitu aplikasi di daftar paling akhir, maka ketik perintah lengkap seperti gambar di bawah ini dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menghapus (remove) bloatware dari Windows 10

2. Menghapus bloatware dengan Windows10Debloater.

Menghapus bloatware melalui baris perintah di Windows PowerShell mungkin sulit untuk pengguna pemula Windows, terlebih lagi bila harus menghapus banyak aplikasi satu persatu. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan skrip Windows PowerShell bernama Windows10Debloater. Ketika skrip ini dijalankan, Windows10Debloater melacak semua aplikasi yang masuk kategori bloatware. Anda dapat mengunduh file zip Windows10Debloater dari halaman unduhan di Github.

Windows10Debloater mempunyai tiga versi yaitu Interactive, Pure Silent dan GUI App. Dari ketiga versi tersebut, GUI App adalah yang paling mudah digunakan karena berpenampilan grafis. Ekstrak terlebih dahulu file zip Windows10Debloater, buka folder Windows10Debloater, klik kanan mouse file skrip Windows PowerShell Windows10DebloaterGUI.ps1 dan di menu pintas yang muncul, pilih Run with PowerShell.

Penjelasan lengkap mengenai Windows10Debloater dapat dibaca langsung di halaman unduhan di Github.

Menghapus (remove) bloatware dari Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It