MySQL: Klasifikasi Perintah Dasar Dalam SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa standar untuk berkomunikasi dengan database relasional. Karena merupakan bahasa standar, maka perintah-perintah SQL dapat diterapkan untuk banyak database management system (DBMS). Meskipun perintah SQL di banyak DBMS hampir sama, masing-masing DBMS juga bisa mempunyai "dialect" atau variasi perintah sendiri.

Hampir semua DBMS seperti MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, MariaDB, PostgreSQL, DB2 dan sebagainya mengenal dan mengerti SQL. Perintah standar SQL pada beberapa DBMS hampir sama, meskipun masing-masing mungkin juga memiliki "dialect of SQL" sendiri yang akan memberikan tambahan atau perluasan pada perintah-perintah standar tersebut.

Baca artikel Mengenal Database MySQL Dan Keunggulannya

Klasifikasi perintah-perintah dasar dalam SQL

Perintah-perintah standar di SQL dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), Data Query Language (DQL) dan Data Control Language (DCL). Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk masing-masing klasifikasi perintah standar SQL:

  • Data Definition Language (DDL) adalah perintah-perintah SQL untuk mendefinisikan struktur dan skema database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah CREATE (membuat obyek di database), ALTER (merubah struktur database), DROP (menghapus obyek database), TRUNCATE (menghapus semua record dari sebuah tabel termasuk semua ruang yang dialokasikan), COMMENT (menambahkan komentar ke kamus data | data dictionary) dan RENAME (memberi nama ulang sebuah obyek).
  • Data Manipulation Language (DML) adalah perintah-perintah SQL untuk memanipulasi data di dalam obyek database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini adalah SELECT (mengambil data dari tabel), INSERT (memasukkan data ke tabel), UPDATE (memperbarui data yang ada di sebuah tabel), DELETE (menghapus semua record dari sebuah tabel), MERGE-UPSERT (operasi insert dan update), CALL (memanggil PL/SQL atau subprogram Java), EXPLAIN PLAN (menjelaskan jalur akses data) dan LOCK TABLE (mengontrol konkurensi).
  • Data Control Language (DCL) adalah perintah-perintah SQL untuk mengontrol data dan server database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah GRANT (memberi hak akses pengguna ke database) dan REVOKE (mencabut hak akses yang diberikan dengan perintah GRANT).
  • Transaction Control Language (TCL) adalah perintah-perintah SQL untuk mengontrol proses transaksional di database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah COMMIT (menerapkan transaksi dengan menyimpan perubahan database), ROLLBACK (mengembalikan database ke kondisi awal sejak terakhir COMMIT), SAVEPOINT (mengidentifikasi titik dalam transaksi yang nanti bisa diputar kembali) dan SET TRANSACTION (Mengubah opsi transaksi seperti tingkat isolasi dan segmen rollback apa yang digunakan).
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It