Mengaktifkan Dan Menggunakan Fitur Focus Mode Di Browser Google Chrome

Beberapa fungsi penting pembaruan (update) browser adalah untuk memperbaiki celah keamanan yang ditemukan di versi sebelumnya dan untuk menambah fitur-fitur baru. Pembaruan berlaku untuk semua browser, tidak terkecuali Google Chrome. Bila Anda terus memperbarui browser Google Chrome ketikan versi baru dirilis, Anda mungkin akan mendapati fitur rahasia tersembunyi bernama "Focus Mode".

Focus Mode ini masih berada di halaman flags tersembunyi dan belum menjadi fitur yang bisa diakses melalui pengaturan (settings) Google Chrome. Secara default, Focus Mode tidak diaktifkan. Pengguna browser Google Chrome yang tertarik untuk menggunakan fitur ini, dapat mengaktifkannya secara manual melalui halaman flags tersebut.

Baca artikel:

Ketika Focus Mode diaktifkan, Anda dapat memilih sebuah tab di browser Google Chrome untuk dibuka di jendela (window) Chrome baru yang tidak menampilkan toolbar, address bar, bookmark bar, tab bar dan lain sebagainya. Jendela Chrome baru hanya menampilkan title bar, beberapa ikon dan halaman web sehingga Anda bisa fokus hanya pada halaman web tanpa gangguan dari elemen browser yang tidak perlu.

Baca artikel Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS Di Browser Google Chrome

Bila Anda adalah juga pengguna dari browser Mozilla Firefox dan telah menggaktifkan serta menggunakan mode Site Specific Browser (SSB), Anda dapat perhatikan nantinya bahwa Focus Mode di Google Chrome ini dan di browser lainnya berbasis Chromium mempunyai kemiripan dengan mode Site Specific Browser (SSB) di Mozilla Firefox.

1. Mengaktifkan Focus Mode.

Untuk mengaktifkan Focus Mode, ketik chrome://flags (1) di bilah alamat (address bar) browser Google Chrome dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Di halaman Experiments yang terbuka, ketik "focus" (2) di kotak pencarian flags (Search flags) untuk mempercepat pencarian fitur "Focus Mode". Di fitur "Focus Mode", rubah nilai di kotak tarik turun (drop-down box) dari Default ke Enable (3) dan kemudian klik tombol Relaunch (4).

Mengaktifkan dan menggunakan fitur Focus Mode browser Google Chrome

2. Menggunakan Focus Mode.

Setelah fitur "Focus Mode" diaktifkan, sekarang, Anda sudah dapat menggunakan fitur ini. Anda dapat memilih tab di browser Google Chrome untuk dibuka di jendela Chrome baru.

Untuk membuka tab di jendela Chrome baru, klik kanan mouse tepat di tab tersebut untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih atau klik Focus this tab.

Mengaktifkan dan menggunakan fitur Focus Mode browser Google Chrome

Jendela Chrome baru untuk tab tersebut kemudian dibuka. Anda dapat perhatikan bahwa di jendela Chrome baru tidak menampilkan toolbar, address bar, bookmark bar dan tab bar. Di jendela Chrome baru hanya terdapat title bar, beberapa ikon termasuk ikon Customize and control dan halaman web itu sendiri.

Mengaktifkan dan menggunakan fitur Focus Mode browser Google Chrome

Dengan ikon Customize and control, Anda dapat melakukan beberapa operasi yang terkait dengan halaman web di jendela Chrome baru tersebut seperti Copy URL, Open in Chrome, Zooming, Print, Find, Cast dan lain sebagainya.

Bila diperhatikan dengan seksama di area bawah dari layar, di taskbar Windows, Anda dapat melihat favicon untuk halaman web yang dibuka di jendela Chrome baru tersebut.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It