Membuat Wi-Fi hotspot di Windows

Secara sederhana, Wi-Fi hotspot adalah area dimana terdapat akses internet melalui jaringan wireless (tanpa kabel). Akses internet melalui Wi-Fi hotspot ada yang bersifat gratis dan ada yang berbayar. Beberapa tempat yang umumnya menyediakan Wi-Fi hotspot misalnya kafe, bengkel, hotel, perpustakaan dan bandara. Keberadaan Wi-Fi hotspot sangat penting ketika Anda sedang bepergian atau sedang berada di perjalanan.

Jika Anda pengguna komputer Windows, Anda dapat merubah komputer windows menjadi Wi-Fi hotspot. Misalnya, Anda memiliki laptop Windows dan modem untuk mengakses internet. Anda dapat merubah laptop Windows menjadi Wi-Fi hotspot dan membagikan akses internet yang Anda miliki ke perangkat lain seperti smartphone dan tablet. Microsoft Windows 10 memiliki fitur ini dan Anda perlu mengaktifkan atau merubah sedikit pengaturan untuk menjadikan laptop Windows 10 sebagai Wi-Fi hotspot.

Baca artike terkait:

Dimulai dari windows 7, setiap versi Windows mempunyai cara pengaturan (setting) yang berbeda untuk merubah komputer Windows menjadi Wi-Fi hotspot. Bila Anda masih menggunakan Windows versi lama dan mengalami kesulitan merubah Windows menjadi Wi-Fi hotspot atau Anda ingin fitur lebih pada Wi-Fi hotspot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang juga banyak tersedia gratis. Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di Microsoft Windows:

Anda mungkin menyukai artikel ini:

1. mHotspot.

mHotspot adalah aplikasi gratis untuk merubah komputer Windows menjadi Wi-Fi hotspot. Aplikasi ini berukuran kecil dengan interface sederhana. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghubungkan sampai 10 perangkat ke Wi-Fi hotspot. mHotspot juga dapat merubah jenis koneksi internet seperti LAN, Ethernet, 3G/4G, Wi-Fi dan sebagainya. Anda dapat mengamankan jaringan Wi-Fi hotspot menggunakan password WPA2 PSK. Aplikasi ini dapat diinstal di Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di mhotspot.com.

Aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di Windows

2. HostedNetworkStarter.

HostedNetworkStarter adalah aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di komputer Windows dengan memanfaatkan wireless network adapter yang ada. Perangkat yang memiliki dukungan Wi-Fi dapat mengakses jaringan atau koneksi internet yang terdapat di komputer Windows yang dijadikan sebagai Wi-Fi hotspot. Anda dapat menginstal aplikasi ini di Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Aplikasi ini dibuat oleh Nirshof dan dapat diunduh gratis di nirshof.net.

Aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di Windows

3. MyPublicWiFi.

MyPublicWiFi adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat Wi-Fi hotspot di komputer Windows. Perangkat berdekatan yang memiliki dukungan Wi-Fi dapat mengakses koneksi internet yang dibagikan melalui Wi-Fi hotspot. Dengan fitur Firewall yang dimiliki, Anda dapat membatasi akses pengguna ke server tertentu dan dapat mencegah penggunaan layanan internet tertentu seperti program berbagi file. MyPublicWiFi dapat diunduh di mypublicwifi.com dan dapat diinstal di Windows 7, 8, 8.1, 10 dan Windows Server.

Aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di Windows

4. MaryFi.

MaryFi adalah aplikasi gratis untuk membuat Wi-Fi hotspot di komputer Windows untuk berbagi koneksi internet. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet. MaryFi juga dapat difungsikan sebagai repeater untuk memperkuar konektifiti. MaryFi dapat diinstal di Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Anda dapat mengunduh aplikasi gratis ini di website maryfi.com.

Aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di Windows

5. Connectify Hotspot.

Connetify hotspot adalah aplikasi untuk merubah komputer Windows menjadi Wi-Fi hotspot dengan mudah dan membagikan koneksi internet melalui Wi-Fi pada perangkat yang mendukung Wi-Fi. Selain versi gratis, Connectify Hotspot juga menyediakan versi komersial (PRO dan MAX) yang telah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Aplikasi ini dibuat oleh Connectify dan dapat diunduh di website connectify.me.

Versi gratis sebenarnya sudah dianggap cukup untuk merubah komputer Windows menjadi Wi-Fi hotspot. Namun, bila Anda menginginkan fitur lebih, Anda dapat menggunakan versi komersial. Versi komersial mempunyai fitur unggulan seperti berbagi internet dari jaringan 3G dan 4G, penyesuaian nama pada hotspot, firewall control, wired router, Wi-Fi repeater, bridging dan juga custom DHCP dan IP Control. Jika Anda ingin versi komersial, Anda perlu mengeluarkan biaya antara USD 34.98 sampai dengan USD 49.98.

Aplikasi untuk membuat Wi-Fi hotspot di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner