Mengaktifkan menu ekstensi di browser Google Chrome

Semua browser mendukung penggunaan ekstensi, tidak terkecuali Google Chrome. Ekstensi berguna untuk menambah fungsionalitas browser. Dilihat dari keperluan pengguna, ada Google Chrome yang memiliki sedikit ekstensi dan ada pula yang memiliki banyak ekstensi. Tergantung pada pengaturan, ekstensi bisa terlihat di toolbar atau di menu Google Chrome. Anda juga dapat mengakses semua ekstensi melalui ikon Customize and control Google Chrome > More tools > Extensions.

Untuk memberi akses lebih baik ke semua ekstensi Google Chrome dan agar antarmuka Google Chrome tetap terlihat sederhana, tidak dikacaukan oleh banyaknya ekstensi pada toolbar atau menu, kini Google sedang menguji coba menu ekstensi baru yang nanti juga diakses melalui toolbar. Menu ekstensi ini menjadi tempat untuk semua ekstensi Google Chrome yang diwakili ikon puzzle. Semua ekstensi di menu ekstensi ditampilkan dalam daftar tarik turun (drop-down list).

Baca artikel Mengunduh (Download) Offline Installer Browser Google Chrome

Karena masih tahap uji coba, menu ekstensi ini berada dalam experimental flag. Ini artinya bahwa pengembang browser Google Chrome masih terus melakukan perubahan dan penyempurnaan dan kemungkinan akan aktif secara default di masa mendatang. Namun, bila Anda sudah menggunakan Google Chrome 76, Anda tidak harus menunggu. Anda dapat mengaktifkan menu ekstensi sekarang juga. Berikut ini adalah cara mengaktifkan menu ekstensi (extension menu) di browser Google Chrome:

Baca artikel:

Ketik "chrome://flags" (1) di omnibox atau bilah alamat Google Chrome dan kemudian tekan tombol Enter. Di halaman chrome://flags yang muncul, untuk menemukan fitur terkait menu ekstensi Google Chrome, ketik "extensions toolbar" (2) di kotak pencarian dan kemudian tekan tombol Enter. Di hasil pencarian, rubah Extensions Toolbar Menu menjadi Enabled (3) dan kemudian klik tombol Relaunch Now (4) untuk melakukan restart Google Chrome.

Cara mengaktifkan menu ekstensi di browser Google Chrome

Sekarang Anda dapat melihat ikon puzzle muncul di toolbar, di samping kanan omnibox dari browser Google Chrome. Untuk melihat semua ekstensi Google Chrome, klik ikon puzzle dan ekstensi akan ditampilkan dalam daftar tarik turun. Anda dapat melihat bahwa ekstensi dikelompokkan menjadi dua yaitu ekstensi yang mengakses data website saat ini (Accessing this site's data) dan ekstensi yang tidak mengakses data website saat ini (Can't access this site's data).

Cara mengaktifkan menu ekstensi di browser Google Chrome

Masing-masing ekstensi juga memiliki pengaturan tersendiri. Untuk melakukan pengaturan ekstensi secara individu, Anda dapat klik tombol More actions yang ada di sebelah kanan nama ekstensi. Namun, karena menu ekstensi Google Chrome ini masih dalam pengembangan, ada pengaturan yang belum berfungsi atau tidak menghasilkan apa-apa ketika diuji coba.

Cara mengaktifkan menu ekstensi di browser Google Chrome
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It