Microsoft adalah perusahaan raksasa perangkat lunak (software) pengembang sistem operasi Microsoft Windows dan aplikasi Microsoft Office. Selain kedua perangkat lunak yang sangat terkenal tersebut, Microsoft juga mengembangkan Microsoft Visual Studio yaitu perangkat lunak bahasa pemrograman yang ditujukan bagi kalangan programer untuk membuat berbagai program atau aplikasi pada platform Microsoft.

Sampai saat ini, pemakaian sistem operasi Microsoft Windows dan aplikasi Microsoft Office begitu mendominasi, hampir tidak mungkin terkalahkan oleh perangkat lunak sejenis dari pesaingnya. Untuk sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft menerapkan strategi dengan pilihan tipe lisensi berbeda. Ketika Anda membeli perangkat lunak Microsoft Windows, Anda juga perlu menentukan tipe lisensi yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan Anda.

Ada tiga tipe lisensi utama yaitu lisensi Retail atau Full Packaged Product (FPP), lisensi original equipment manufacturer (OEM) dan lisensi Volume. Lisensi Windows memberlakukan pembatasan, persyaratan dan hak-hak yang dibuat berdasarkan Microsoft Software License Terms. Lisensi Retail ada pada Microsoft Windows yang dibeli melalui penjual eceran (retail merchant) atau toko online (online shop). Product key untuk lisensi ini dapat ditransfer ke PC lain.

Lisensi OEM ada pada Microsoft Windows yang prainstal ketika membeli laptop atau PC. Tipe lisensi ini tidak untuk dijual kembali dan juga tidak dapat ditransfer ke PC lain. Lisensi Volume dikeluarkan oleh organisasi untuk digunakan pada komputer klien yang ada di organisasi tersebut. KMS Client dan Volume MAK termasuk dalam lisensi Volume. Volume License key tidak dapat ditransfer ketika komputer berpindah kepemilikan.

Sebagai pengguna Microsoft Windows, Anda dapat megetahui tipe lisensi dari sistem operasi Microsoft Windows yang Anda gunakan. Anda dapat mengetahui tipe lisensi mana yang dipakai untuk mengaktifkan Microsoft Windows Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat Anda ikuti:

Klik kanan (right click) tepat di tombol Start Windows dan kemudian pilih Command Prompt (Admin).

Menentukan tipe lisensi Microsoft Windows yang digunakan

Dari jendela Administrator: Command Prompt yang muncul, ketikkan slmgr -dli dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menentukan tipe lisensi Microsoft Windows yang digunakan

Kotak dialog Windows Script Host muncul. Di bagian Description dapat diketahui bahwa tipe lisensi dari sistem operasi Microsoft Windows yang Anda gunakan adalah VOLUME_KMSCLIENT.

Menentukan tipe lisensi Microsoft Windows yang digunakan

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It