Cara membuka mengakses UWP File Explorer di Windows 10

Cara Membuka Atau Mengakses UWP File Explorer Di Windows 10

Sebagai pengguna Microsoft Windows, Anda tentu tidak asing dengan File Explorer atau sebelumnya Windows Explorer. File Explorer adalah aplikasi built-in Microsoft Windows untuk mengelola file dan folder. Lalu apa UWP File Explorer itu, apakah sama dengan File Explorer yang umumnya sudah diketahui? Secara fungsi sama untuk mengelola file dan folder, namun UWP File Explorer penggunaannya lebih universal.

Seperti yang kita semua ketahui, Microsoft secara bertahap melakukan upgrade sebagian dari sistem operasi Microsoft Windows 10 untuk lebih universal. Sebagai contoh, perlahan namun pasti, penggunaan Control Panel mulai dialihkan ke Windows Settings. Beberapa aplikasi built-in Windows 10 adalah juga aplikasi berbasis pada UWP (Universal Windows Platform).

Baca artikel:

Universal Windows Platform (UWP) adalah platform pengembangan aplikasi yang dibuat oleh Microsoft. Aplikasi UWP dapat berjalan di banyak perangkat seperti desktop atau laptop Windows, Xbox, Hololens dan IoT. Banyak yang beranggapan salah bahwa dengan matinya sistem operasi mobile Windows Phone, aplikasi UWP akan berhenti.

Windows Phone memang menjadi salah satu pendorong aplikasi UWP bermunculan. Namun, Microsoft juga memiliki banyak perangkat yang akan menjalankan aplikasi UWP. Anda perlu mengetahui bahwa hanya aplikasi UWP yang dapat didistribusikan melalui Microsoft Store. Aplikasi UWP seperti UWP File Explorer akan memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan komputasi Microsoft di masa depan.

UWP File Explorer dan aplikasi UWP lainnya mulai diperkenalkan di Windows 10 dan tidak dirancang untuk kompatibel. Oleh karena itu, aplikasi UWP hanya ada di perangkat yang menjalankan Windows 10 atau yang lebih baru dan juga perangkat lainnya yang didukung.

UWP File Explorer sendiri dioptimasi untuk perangkat layar sentuh. Ini nampaknya sejalan konsep layar sentuh pada PC atau laptop yang menggunakan Windows. Microsoft telah mengadopsi tampilan live tiles dari Windows Phone untuk digunakan pertama kali sebagai antar muka grafis Windows 8. Live tiles didesain sebagai tombol layar sentuh di Windows 8 dan juga di versi Windows setelahnya.

File exe untuk UWP File Explorer (FileExplorer.exe) sendiri sudah ada di Windows 10. Anda dapat menemukan file FileExplorer.exe melalui File Explorer dengan cara copy & paste path folder di bawah ini ke bilah alamat (address bar) di File Explorer dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

C:\Windows\SystemApps\Microsoft.Windows.FileExplorer_cw5n1h2txyewy

Cara membuka atau mengakses UWP File Explorer di Windows 10

FileExplorer.exe adalah file exe (executable). File exe dapat digunakan untuk membuka atau mengakses program atau aplikasi dengan cara mengklik ganda file exe dari program atau aplikasi tersebut. Namun demikian, file FileExplorer.exe tidak dapat digunakan untuk membuka atau mengakses UWP File Explorer. Untuk membuka atau mengakses UWP File Explorer, Anda dapat membuat pintasan di desktop (desktop shortcut).

Untuk membuat pintasan di desktop (desktop shortcut), klik kanan tombol mouse di area kosong desktop, pilih New (1) dan kemudian klik Shortcut (2).

Cara membuka atau mengakses UWP File Explorer di Windows 10

Di jendela Create Shortcut yang muncul, capy & paste lokasi di bawah ini ke kotak teks Type the location of the item (1) dan kemudian klik tombol Next (2).

explorer.exe shell:AppsFolder\c5e2524a-ea46-4f67-841f-6a9465d9d515_cw5n1h2txyewy!App

Cara membuka atau mengakses UWP File Explorer di Windows 10

Beri nama untuk shortcut yang dibuat (1) dan kemudian klik tombol Finish (2). Desktop shortcut selesai dibuat. Anda dapat memeriksa ikon desktop shortcut untuk UWP File Explorer di desktop komputer. Untuk menjalankan aplikasi UWP File Explorer, klik ganda pada ikon UWP File Explorer.

Cara membuka atau mengakses UWP File Explorer di Windows 10

Aplikasi UWP File Explorer dibuka. Anda sekarang dapat menavigasi ke semua file dan folder yang ada.

Cara membuka atau mengakses UWP File Explorer di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It