Cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Microsoft Windows

Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Fitur Di Microsoft Windows

Di Microsoft Windows, Anda akan mendapati beberapa fitur bawaan yang telah disertakan di dalamnya seperti Internet Information Services (IIS), browser Microsoft Internet Explorer, Microsoft NET Framework, Windows Search dan lain sebagainya. Sebagian fitur Windows ini telah diaktifkan, sebagian dinonaktifkan dan yang lain diaktifkan sebagian. Sebagai pengguna, Anda dapat menonaktifkan fitur yang aktif bila tidak diperlukan atau mengaktifkan fitur yang belum aktif bila diperlukan.

Setiap versi Microsoft Windows dapat memiliki fitur sedikit berbeda. Windows Vista dan 7 memiliki fitur hampir mirip, sedangkan Windows 8 memiliki cakupan fitur yang berbeda. Di versi Microsoft Windows terdahulu, program atau fitur harus dicopot (uninstall) untuk menonaktifkan. Di versi Microsoft Windows saat ini, fitur akan tetap tersimpan di hard disk komputer. Menonaktifkan fitur dengan tidak mencopot fitur sehingga jumlah ruang hard disk tetap sama.

Baca artikel Mematikan Browser Microsoft Internet Explorer Di Windows 10

Sebenarnya, fitur yang ada Windows membutuhkan ruang penyimpanan kecil. Dengan pola mengaktifkan atau menonaktifkan dengan tidak mencopok fitur dapat memberi kemudahan untuk pengguna Windows. Anda tidak perlu mencari, mengunduh dan memasang (install) fitur yang ingin digunakan atau mencopot yang tidak digunakan sehingga lebih menghemat waktu.

Baca artikel:

Berikut ini adalah cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Microsoft Windows 8.1:

Klik kanan tombol Start Menu yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Control Panel.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Microsoft Windows

Di jendela Control Panel yang muncul, di kelompok Programs, klik tautan (link) Uninstall a program.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Microsoft Windows

Di jendela Programs and Features yang muncul, klik tautan Turn Windows features on or off yang ada di sebelah kiri.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Microsoft Windows

Di kotak dialog Windows Features yang muncul, beri tanda centang pada kotak centang (check box) di fitur yang ingin diaktifkan atau hilangkan tanda centang dari kotak centang di fitur yang ingin dinonaktifkan dan kemudian klik tombol OK.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Microsoft Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It