Menonaktifkan Komputer Windows Tanpa Aktivitas Secara Otomatis

Saat sedang bekerja di kantor, Anda belum tentu akan berada di meja kerja terus-menerus. Anda mungkin akan menemui ke rekan kerja, baik yang berada di satu ruangan dengan Anda atau yang berada di ruangan lain untuk waktu sesaat atau yang lebih lama. Pada jam istirahat, Anda juga akan keluar ruangan lebih lama lagi untuk makan siang bersama rekan dan lain sebagainya.

Ketika Anda meninggalkan meja kerja dengan komputer masih aktif atau menyala, ini tentu sangat beresiko pada data atau informasi penting yang tersimpan di dalamnya. Anda tentu tidak ingin siapapun mengakses atau menggunakan komputer, melihat atau bahkan mengambil data yang tersimpan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda dapat menonaktifkan atau mengunci (lock) komputer saat ditinggalkan.

Baca artikel 4 Cara Mengunci Layar Komputer Di Microsoft Windows 10

Banyak orang melakukan hal ini untuk melindungi data dan informasi yang tersimpan di komputer mereka, tetapi tidak sedikit pula yang lupa karena terburu-buru. Sistem operasi Windows 7 sebenarnya memiliki fitur menonaktifkan komputer secara otomatis saat lupa menonaktifkan secara manual. Komputer akan terkunci otomatis (automatically locked) sesuai dengan pengaturan waktu yang ditentukan ketika tidak ada aktifitas sama sekali.

Baca artikel:

Bila Anda seorang yang pelupa dan ingin menggunakan atau memanfaatkan fitur ini untuk menonaktifkan sistem Microsoft Windows 7 secara otomatis, berikut ini adalah caranya:

Klik tombol Start Menu, kemudian pilih Control Panel dan selanjutnya pilih Appearance and Personalization.

Menonaktifkan komputer yang tidak memiliki aktivitas secara otomatis

Di jendela berikutnya yang muncul, di bagian Personalization, kilk atau pilih Change screen saver.

Menonaktifkan komputer yang tidak memiliki aktivitas secara otomatis

Di kotak dialog Screen Saver Settings yang muncul, pilih salah satu screen saver dari kotak daftar drop-down, beri nilai di kotak spinner berlabel Wait (semakin kecil, semakin baik) dan kemudian beri centang di kotak centang (check box) On resume, display logon screen. Klik tombol Apply dan OK untuk mengakhiri.

Menonaktifkan komputer yang tidak memiliki aktivitas secara otomatis
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It