Download ISO Windows 10 tanpa Media Creatio Tooln

Tidak seperti beberapa tahun lalu, ketika Anda membeli sistem operasi Microsoft Windows original, Anda akan mendapatkan lisensi dan sekaligus CD atau DVD installer. Anda tidak perlu mengunduh (download) file ISO Microsoft Windows dan kemudian membuat bootable USB atau DVD Windows menggunakan aplikasi seperti Rufus atau Windows 7 USB/DVD Download Tool yang digunakan sebagai media instalasi Windows nantinya.

Namun sekarang berbeda, ketika Anda membeli sistem operasi Windows 10 original, Anda hanya mendapatkan lisensi yang digunakan untuk mengaktivasi Windows 10 saat diinstal, sedangkan media instalasi Windows dapat diperoleh dengan mengunduh file ISO Windows 10 dan kemudian membuat sendiri bootable USB atau DVD Windows 10 menggunakan aplikasi Rufus, Windows 7 USB/DVD Download Tool atau aplikasi lainnya.

Baca artikel Mengenal File ISO Dan Cara Menggunakannya

Microsoft telah menyediakan file ISO Windows 10 untuk bisa diunduh (download) oleh siapa saja melalui website resminya. Anda tidak dianjurkan mengunduh file ISO Windows 10 dari situs-situs penyedia lain yang mencurigakan karena dikawatirkan file ISO terinfeksi program jahat seperti virus atau malware. Ini dapat membahayakan data dan juga Windows atau program lain yang diinstal berikutnya.

Baca artikel Mendapatkan File ISO Microsoft Office Terbaru dengan Mudah

Ketika Anda mengunduh file ISO Windows 10 dari website resmi Microsoft menggunakan komputer Windows, Anda akan diminta mengunduh Media Creation Tool (MediaCreationTool.exe) terlebih dahulu. Untuk mengunduh file ISO Windows 10, Anda jalankan tool exe ini dan kemudian gunakan untuk mengunduh file ISO Windows 10 dari server Microsoft. Anda dapat membaca tentang ini di artikel mengunduh file ISO Windows 10 secara resmi dan legal.

Bila Anda mengunduh file ISO Windows 10 menggunakan komputer selain Windows, misalnya saja macOS atau Linux, Anda tidak diminta untuk mengunduh terlebih dahulu Media Creation Tool. Anda akan diarahkan langsung ke halaman unduhan untuk mengunduh file ISO Windows 10. Namun, ada cara untuk mengunduh file ISO Windows 10 dari website Microsoft menggunakan komputer Windows tanpa Media Creation Tool. Berikut ini adalah langkahnya:

Jalankan browser Google Chrome dan kemudian buka Windows 10 download page. Klik ikon Customize and control Google Chrome (1) yang ada di sudut kanan atas, pilih More tools (2) dan kemudian pilih Developer tools (3).

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation

Di jendela developer tools yang muncul, klik ikon Customize and control DevTools (1) yang ada di sudut kanan atas, pilih More tools (2) dan kemudian pilih Network conditions (3).

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation

Di tab Network conditions, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) Select automatically (1) dan kemudian pilih user agent, misalnya BlackBerry-BB10 (2). Anda bisa juga memilih salah satu user agent lain yang ada dalam daftar yang ditampilkan.

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation

Kemudian refresh Windows 10 Download page. Sekarang, Anda dapat langsung melihat kotak tarik turun (drop-down box) untuk memilih edisi Windows 10 yang file ISO akan diunduh. Di contoh ini adalah Windows 10 May 2019 Update (1) dan kemudian klik tombol Confirm (2).

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation

Berikutnya, Anda diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan pada saat instalasi dari kotak tarik turun (drop-down box). Di contoh ini dipilih English (1) dan kemudian klik tombol Confirm (2).

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation

Selanjutnya, Anda dapat menentukan untuk mengunduh file ISO Windows 10 64-bit atau 32-bit. Klik link sesuai dengan tipe file ISO Windows 10 yang diinginkan. Di contoh ini dipilih link 64-bit Download. Anda perlu perhatikan bahwa link unduhan ini valid selama 24 jam.

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan (1) dan kemudian klik tombol Save (2) untuk mulai mengunduh (download) file ISO Windows 10 64-bit.

Mengunduh Download ISO Windows 10 tanpa tool media creation
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It