Sebagian besar program di Windows dibuka dengan ukuran normal, artinya program dibuka tidak memenuhi layar monitor. Terkadang Anda dapat merasakan bahwa program dapat digunakan lebih maksimal bila terbuka satu layar penuh (full screen), misalnya program pengolah grafis seperti Paint Shop Pro atau Adobe Photoshop. Demikian juga ketika Anda membuka lembar kerja Microsoft Excel dengan banyak data, Anda mungkin lebih memilih membaca data-data tersebut dalam keadaan satu layar penuh.

Untuk menghindari mengklik tombol Maximize berulang kali ketika program tidak dibuka satu layar penuh, Anda perlu sedikit melakukan pengaturan program tersebut agar selalu terbuka satu layar penuh saat dijalankan. Cara ini dapat diterapkan pada aplikasi tertentu yang Anda inginkan untuk terbuka satu layar penuh. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel Cara Merubah Start Menu Di Microsoft Windows Menjadi Full Screen

Pilih program yang akan selalu dibuka satu layar penuh (full screen), klik kanan mouse tepat di ikon program untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudia pilih Properties. Di contoh ini menggunakan program peramban (browser) Google Chrome.

Menjalankan program untuk selalu terbuka penuh (full screen)

Dari jendela Google Chrome Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Shortcut (1), pilih Maximized dari kotak daftar tarik turun (drop-down box) berlabel Run (2), klik tombol Apply (3) dan kemudia tombol OK (4) untuk mengakhiri. Sekarang, browser Google Chrome akan selalu terbuka satu layar penuh setiap kali dijalankan.

Menjalankan program untuk selalu terbuka penuh (full screen)

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It