Microsoft terus berupaya menjadikan Windows 10 sebagai sistem operasi dekstop yang sempurna. Di setiap update utama Microsoft Windows, Microsoft selalu menyertakan sejumlah fitur baru dan juga melakukan peningkatan fitur yang sudah ada. Salah satu fitur batu yang disertakan di Windows 10 Creators Update terkait dengan keamanan Windows adalah fitur untuk mencegah instalasi aplikasi yang bukan berasal dari Microsoft Store.

Secara standar, fitur ini dinonaktifkan. Itulah sebabnya Anda masih dapat menginstal aplikasi dekstop di Windows 10. Bila fitur ini diaktifkan, Anda hanya dapat menginstal aplikasi yang berasal dari Microsoft Store. Microsoft Store menyediakan aplikasi UWP (Universal Windows Platform) yaitu aplikasi yang bisa digunakan di perangkat Microsoft Windows yang kompatibel seperti PC, tablet, smartphone, Xbox, dan sebagainya.

Lalu alasan apa yang mendorong Microsoft menambahkan fitur ini? Selain faktor bisnis, fitur ini dapat meminimalkan resiko Windows dari serangan malwares dan spywares yang mungkin berasal dari aplikasi pihak ketiga yang diinstal, sedangkan aplikasi di Microsoft Store sendiri telah memenuhi spesifikasi Microsoft, teruji, dan dapat diinstal dengan aman di perangkat Windows.

Tidak semua aplikasi yang perlukan pengguna Windows tersedia di Microsoft Store. Sebagian besar aplikasi adalah aplikasi dari pihak ketiga. Sebenarnya Microsoft sendiri memiliki berbagai jenis software mulai dari sistem operasi, aplikasi perkantoran, database, bahasa pemrograman, dan sebagainya. Bila komputer Anda adalah untuk penggunaan biasa dan sudah cukup dengan software yang terinstal, Anda dapat mengaktifkan fitur untuk mencegah Windows menginstal aplikasi yang berasal dari luar Microsoft Store.

Klik kanan tombol Windows yang terletak di sudut kiri bawah (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Mencegah instalasi aplikasi dari luar Microsoft Store

Di jendela Windows Settings yang muncul, klik Apps.

Mencegah instalasi aplikasi dari luar Microsoft Store

Di jendela Settings - Apps yang muncul, Apps & features (1), di bagian Installing apps, pilih nilai Allow apps from the Store only (2).

Mencegah instalasi aplikasi dari luar Microsoft Store

Sekarang, jika Anda menginstal aplikasi yang diunduh dari internet misalnya, sebuah jendela akan muncul menginformasikan bahwa instalasi seharusnya berasal dari aplikasi terverifikasi dari Store.

Mencegah instalasi aplikasi dari luar Microsoft Store