Keuntungan menggunakan VPN

Apa itu VPN (Virtual Private Network)? Bagi penggiat internet tentu tidak asing dengan kata ini. VPN adalah layanan yang dapat Anda gunakan untuk memberi kepastian bahwa kegiatan online Anda terlindungi dan aman dari hal-hal yang tidak dinginkan. Hal-hal yang tidak diinginkan di sini adalah penyadapan data atau informasi penting oleh peretas atau penjahat dunia maya (cybercriminals) atau ekspos privasi Anda dari pihak yang tidak bertanggungjawb.

Internet bukan tempat yang aman bagi siapa saja. Ketika Anda terhubung ke internet, informasi tentang Anda bisa diperoleh dengan mudah, komputer yang digunakan, IP address, lokasi geografis, riwayat penelusuran (browsing history), data pribadi, aktivitas Anda dan lain sebagainya. Data penting Anda bisa dicuri atau disadap untuk dijual atau untuk tujuan meminta tebusan. Privasi Anda bisa diekpos untuk keperluan penayangan iklan atau tawaran layanan dan lain sebagainya.

Baca artikel Menjelajah Internet (Browsing Web) Secara Anonim

Anda perlu cara melakukan kegiatan online dengan aman. Anda dapat menggunakan layanan VPN yang memberi keamanan terbaik karena transmisi data atau informasi dienkripsi. Rincian terkait kegiatan online Anda tersembunyi. Data penting tidak bisa dibaca oleh penyadap dan privasi Anda tidak bisa diekspos. VPN memberi keuntungan atau manfaat terkait keamanan data atau informasi dan privasi. Berikut ini adalah 6 keuntungan atau manfaat menggunkan layanan VPN:

1. Menyamarkan alamat IP untuk privasi.

Ketika mengkases internet menggunakan perangkat komputer atau smartphone, perangkat Anda secara unik diberi IP Address. Masalahnya, semua kegitan online Anda bisa dilacak sampai ke IP Address tersebut. Ketika Anda meggunakan VPN, VPN akan menyamarkan IP Address dan transmisi data atau informasi seolah-olah berasal dari server VPN yang Anda gunakan. Dengan demikian, IP Address, lokasi geografis, identitas Anda, aktivitas online Anda akan tetap aman dan tidak terlacak atau terekspos.

Baca artikel:

2. Memproteksi data ketika menggunakan Wi-Fi publik gratis.

Wi-Fi publik gratis ada di mana-mana, di hotel, restoran, warung kopi, mal, bandara dan tempat umum lainnya sebagai salah satu pelayanan yang disediakan kepada mereka yang ada di tempat tersebut. Namun, Anda jangan terlalu senang dengan ini. Terkoneksi ke internet menggunakan Wi-Fi publik gratis sangat beresiko pada keamanan data dan privasi Anda. Sangat dianjurkan Anda lebih berhati-hati menggunakan Wi-Fi publik gratis yang ada.

Meskipun jaringan Wi-Fi publik gratis menggunakan password, kenyataannya adalah bahwa password Wi-Fi mudah dibobol atau diketahui sehingga data penting Anda tetap tidak aman. Data Anda dapat dengan mudah disadap, dibaca atau dicuri. Dengan VPN, data dienkripsi seakan-akan ada tunnel tersembunyi yang dibuat khusus untuk transmisi data Anda. Dengan demikian, data Anda akan terproteksi, tidak mungkin bisa dibaca untuk dicuri atau dilacak.

3. Mengakses konten yang dibatasi.

Meskipun tidak semua negara, ada beberapa negara menerapkan aturan dengan membatasi sepenuhnya atau sebagian akses pada konten tertentu. Dengan demikian, Anda yang berada di negara tersebut tidak dapat mengakses konten yang dibatasi. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat menipu IP Address komputer yang Anda gunakan untuk menyiasati akses ke konten yang dibatasi tersebut sehingga tetap dapat mengakses konten meskipun ada pembatasan atau larangan.

Bagaimana VPN bisa melakukan ini? Sebagai contoh, Anda tinggal di Indoneisa. Pemerintah Indonesia membatasi akses ke Facebook sehingga Anda tidak dapat mengakses Facebook. Anda dapat menggunakan dan masuk ke server VPN yang ada di Australia sehingga akan mendapatkan IP Address berbasis Australia. Dengan cara ini, Anda seolah-olah berada di Australia. Karena pemerintah Australia tidak membatasi akses ke Facebook, maka Anda dapat mengkases Facebook tanpa hambatan.

4. Mendapatkan harga lebih murah.

Ada rencana bepergian ke luar negeri? Kunjungi saja negara yang memiliki biaya hidup rendah. Jika Anda ingin memesan hotel atau mobil sewaan, gunakan server VPN yang ada di negara tersebut meskipun Anda berasal dari negara lain untuk mendapatkan harga yang sama rendah. Harga mungkin akan berbeda dan bisa lebih mahal jika langsung memesan dari negara asal Anda, terlebih lagi jika melalui agen perjalanan yang tentu sudah memanipulasi harga untuk mendapatkan untung.

5. Dapat digunakan di berbagai jaringan.

VPN tidak tergantung pada jaringan atau koneksi dimana Anda terhubung. VPN tetap dapat berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan VPN melalui jaringan apapun seperti home network (jaringan rumah), work network (jaringan kantor) dan hotspot Wi-Fi publik di mana saja ketika Anda sedang bepergian. Fleksibilitas ini memberi keamanan yang lebih besar pada data atau informasi penting dan privasi Anda dan dapat memberi rasa tenang lebih.

Baca artikel:

6. Dapat digunakan di berbagai perangkat.

VPN dapat digunakan di berbagai perangkat yang Anda miliki mulai dari personal computer (PC), laptop, smartphone atau perangkat mobile lainnya. Beberapa penyedia (provider) layanan VPN juga ada yang menawarkan satu paket layanan yang membolehkan Anda menghubungkan beberapa perangkat sekaligus. Ini memungkinkan Anda menggunakan beberapa perangkat berbeda untuk terhubung ke internet dengan aman dan juga untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk sebuah layanan VPN.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It