Cara menyimpan halaman tertentu dari file PDF dengan Google Chrome

PDF adalah salah satu format file yang cocok digunakan untuk menyimpan dokumen final secara digital. Format file PDF tidak bergantung platform, memiliki tata letak dan konten yang tidak berubah ketika dibuka dengan software apapun dan juga sulit untuk dirubah tanpa software editor PDF khusus. Banyak distribusi dokumen menggunakan format file ini. Anda juga dapat menemukan dengan mudah format file ini di internet.

Ada cukup banyak software PDF Readers yang dapat diunduh gratis seperti Foxit Reader, Adobe Acrobat Reader DC, Nitro Reader, Slim PDF dan SumatraPDF. Selain itu, web browser modern saat ini seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan Opera juga memiliki kemampuan untuk membuka file PDF sehingga tidak diperlukan lagi software PDF Readers yang manapun.

Baca artikel Mengekstrak Halaman Tertentu PDF Dengan Adobe Acrobat

Anda mungkin cukup sering mendapatkan file PDF dalam ukuran file cukup besar yang terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan halaman. Dari file PDF tersebut, Anda mungkin hanya memerlukan beberapa halaman atau bahkan hanya satu halaman. Anda kemudian berfikir seandainya hanya satu atau beberapa halaman yang diperlukan saja, tentu ukuran file akan jauh lebih kecil dan ketika dibuka bisa langsung ke konten yang diinginkan.

Baca artikel:

Bila Anda pengguna Google Chrome, Anda dapat mengekstrak atau menyimpan halaman tertentu dari file PDF. File PDF di internet dapat langsung dibuka di Google Chrome. Bila file PDF tersimpan di hard drive komputer, external hard drive atau flash drive, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol CTRL+O untuk membukanya. Berikut ini adalah cara mengekstrak atau menyimpan halaman tertentu dari file PDF dengan Google Chrome:

Jalankan Google Chrome dan kemudian buka file PDF yang halaman tertentunya akan diekstrak atau disimpan. Untuk mulai menyimpan halaman tertentu dari file PDF yang terbuka di browser Google Chrome, klik ikon Print.

Mengekstrak atau menyimpan halaman tertentu dari file PDF dengan Google Chrome

Di jendela yang muncul, pilih Save as PDF (1) untuk Destination atau Anda juga bisa memilih opsi lain seperti Microsoft Print to PDF, pilih Custom (2) untuk Pages dan kemudian isi dengan angka untuk halaman tertentu yang ingin disimpan, misalnya angka 13 (3) untuk halaman ke-13. Bila Anda ingin menyimpan beberapa halaman tertentu, misalnya 7, 13, 14, 15 dan 18, Anda dapat mengisi dengan pola angka 7, 13-15, 18 dan kemudian klik tombol Save (4) untuk menyimpan halaman.

Mengekstrak atau menyimpan halaman tertentu dari file PDF dengan Google Chrome

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan halaman (1), beri nama file untuk halaman yang disimpan (2) dan kemudian klik tombol Save (3).

Mengekstrak atau menyimpan halaman tertentu dari file PDF dengan Google Chrome
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It