Android adalah sistem operasi perangkat mobile dengan pengguna terbanyak saat ini. Sebagaimana sistem operasi dekstop seperti Microsoft Windows, Android juga tidak lepas dari ancaman virus dan berbagai varian malware. Android bahkan menjadi target utama dibandingkan sistem operasi mobile lain. Mengapa sistem operasi, baik desktop maupun mobile, dengan pengguna terbanyak selalu menjadi target utama?

Microsoft Windows sebagai sistem operasi desktop dengan pengguna terbanyak, mencapai 80%, telah menjadi target utama serangan virus dan malware bila dibandingkan dengan macOS. Ini juga berlaku bagi Android. Target penyebaran virus dan malware tertuju pada sistem operasi mobile dengan pengguna terbanyak karena ingin mendapatkan dampak besar atau hasil maksimal dalam hal kerusakan sistem perangkat atau target perolehan uang.

Baca artikel

Bila demikian, pengguna Android perlu memiliki aplikasi antivirus atau anti-malware untuk memblokir atau menangkal virus dan varian malware masuk atau menyerang ke sistem Android atau untuk menghapus virus dan malware yang menginfeksi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi antivirus gratis terbaik untuk sistem operasi mobile Android:

1. Bitdefender Antivirus Free.

Aplikasi antivirus gratis terbaik untuk Android

Bitdefender Antivirus Free bekerja dengan melakukan pemindaian serta memberi opsi apakah akan menyertakan SD card atau tidak dalam pemeriksaan virus dan ancaman lainnya. Setelah pemindaian selesai, perangkat Android Anda terlindungi secara otomatis dari instalasi aplikasi baru dan memblokirnya sebelum dapat merusak.

Bitdefender Antivirus Free cukup ringan dan tidak perlu sumber daya (resource) yang tinggi. Hal ini karena dalam pemeriksaan terhadap virus atau malware tidak perlu mengunduh atau menyimpan virus signature, melainkan menggunakan layanan in-the-cloud untuk pemeriksaan secara online untuk memberikan perlindungan terbaru terhadap niat jahat.

2. AVG AntiVirus Free.

Aplikasi antivirus gratis terbaik untuk Android

Seperti umumnya antivirus, AVG AntiVirus Free memberi perlindungan dari virus dan malware. AVG AntiVirus Free adalah antivirus pertama yang ada di Google Play. AVG AntiVirus Free mendukung pemindaian terjadwal, dapat memindai file di penyimpanan internal, memberi peringatan terkait aplikasi yang telah dilaporkan AVG lain dan memperlakukan program yang tidak diinginkan sebagai malware.

AVG AntiVirus Free juga memberi Anda perlindungan saat berinternet menggunakan browser manapun seperti Android browser atau Google Chrome. Salah satu yang tetap dianggap kurang dari AVG sampai saat ini adalah terlalu peka atau sensitif yaitu menemukan resiko yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya.

Baca artikel Menggunakan Tool Built-in Anti-Malware Google Chrome

3. Avira Antivirus Security Free.

Aplikasi antivirus gratis terbaik untuk Android

Avira Antivirus Security Free memindai aplikasi untuk malware, memeriksa ancaman di perangkat eksternal dan menunjukkan aplikasi yang mempunyai akses ke informasi pribadi. Avira Antivirus Security Free menawarkan pemindaian terjadwal atau manual. Ketikan ancaman ditemukan, Anda akan diberitahu tentang jenis ancaman dan akan memberi opsi untuk mengabaikan atau menghapus.

Avira Antivirus Security Free sangat mirip dengan edisi profesional kecuali untuk versi pro tidak terdapat iklan, akan memperbarui definisinya secara rutin dan mendukung fitur penjelajahan aman yang membantu perangkat Android tetap bersih dan aman saat berinternet, mengunduh file maupun saat berbelanja online.

4. Security Master.

Aplikasi antivirus gratis terbaik untuk Android

Security Master ini sebelumnya dikenal dengan CM Security. Security Master adalah aplikasi populer yang mengintegrasikan pemindai antivirus dengan serangkaian tool lain. Security Master akan memeriksa virus, varian malware, kerentanan, alat peretas dan banyak lagi. Security Master juga menyediakan berbagai privasi, keamanan dan tool terkait kinerja untuk menjaga perangkat Android tetap prima.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It