Selain dalam bentuk artikel online, Anda dapat belajar tutorial komputer melalui video. Anda dapat dengan mudah menemukan video tutorial di internet, khususnya di situs berbagi video YouTube. Video tutorial menampilkan secara visual langkah demi langkah yang akan lebih mudah diikuti. Video tutorial umumnya dibuat dengan menggunakan software khusus screen recording seperti Camtasia, FlashBack Pro, Bandicam, Movavi Screen Recorder Studio dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pernahkan Anda mendengar software Wondershare Filmora? Anda mungkin mengetahui software ini lebih sebagai video editor. Kebanyakan orang mengenal Filmora (sebutan singkat Wondershare Filmora) sebagai software untuk mengedit video. Namun Filmora juga memiliki fitur screen recording untuk merekam layar komputer dengan kualitas hasil yang sangat bagus. Bila Anda memiliki software Filmora, Anda dapat melakukan screen recording sekaligus mengedit video dalam satu software.

Baca artikel Bandicam, Software Untuk Hasil Rekam layar Berkualitas

Ketika Anda selesai melakukan screen recording dengan Filmora, selain video yang dihasilkan disimpan di folder penyimpanan yang telah Anda tentukan, video juga akan diletakkan di project Filmora untuk bisa langsung diedit. Ini akan lebih memudahkan buat Anda tanpa perlu mengambil di folder penyimpanan. Berikut ini adalah cara untuk memulai melakukan screen recording dengan software Wondershare Filmora:

Baca artikel Merekam Layar Komputer Sebagai Video Dengan VLC Media Player

Jalankan aplikasi Wondershare Filmora, di jendela yang muncul pilih New Project.

Cara melakukan rekam layar (screen recording) dengan software Filmora

Di aplikasi Wondershare Filmora yang muncul, klik menu File (1), pilih submenu Record Media (2) dan kemudian pilih Record PC Screen... (3).

Cara melakukan rekam layar (screen recording) dengan software Filmora

Di jendela Wondershare Filmora Srcn yang muncul, klik ikon SETTINGS (1) dan kemudian atur parameter untuk membuat video dan hasil videonya seperti tempat menyimpan video, frame rate, quality, record timer, mouse click in recording dan mouse click sound dan juga hotkey untuk pause/resume dan start/stop atau Anda dapat menggunakan default-nya. Minimize semua jendela yang muncul untuk persiapan melakukan screen recording (2).

Cara melakukan rekam layar (screen recording) dengan software Filmora

Tekan tombol keyboard (hotkey) F9 untuk mulai melakukan screen recording. Anda dapat melihat angka yang berjalan mundur sebagai pertanda persiapan melakukan screen recording dengan Wondershare Filmora. Bila Anda ingin berhenti melakukan screen recording, tekan kembali tombol keyboard F9.

Cara melakukan rekam layar (screen recording) dengan software Filmora

Video tutorial terkait:

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It