Cara menginstal ulang program di Windows dengan benar

Masalah komputer bisa dipicu oleh banyak faktor, salah satunya adalah program yang telah diinstal di komputer. Masalah muncul ketika Anda memulai, saat menggunakan atau ketika menghentikan sebuah program. Dengan mudah, Anda sebenarnya dapat menduga dengan pasti bahwa masalah komputer ini terkait dengan program tertentu bila program lainnya tidak menyebabkan masalah pada Windows.

Solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi Windows bermasalah akibat program tertentu adalah dengan cara menginstal ulang (reinstall) program yang bermasalah tersebut. Namun tidak asal sekedar menginstal ulang, Anda perlu melakukan instalasi ulang program dengan benar. Dengan demikian, masalah komputer akibat dari program tertentu dapat diperbaiki.

Baca artikel Menghapus Program Membandel Di Windows Dengan Revo Uninstaller

Anda mungkin sering menginstal program. Menginstal ulang program sedikit berbeda karena ada proses menghapus atau mencopot program yang sudah teristal terlebih dahulu dan kemudian menginstal kembali. Setiap program biasanya memiliki fitur uninstaller. Namun Anda juga bisa menghapus atau mengcopot program dengan fitur Uninstall bawaan Windows atau menggunakan program uninstaller pihak ketiga (third-party software).

Berikut ini adalah tutorial cara menginstal ulang (reinstall) program dengan benar di sistem operasi Microsoft Windows:

  • Hapus atau copot (uninstall) terlebih dahulu program yang telah diinstal di komputer Windows, jalankan atau buka Control Panel, kemudian pilih Programs dan di Programs and Features, selanjutnya pilih Uninstall a program. Selain menggunakan fitur Uninstall dari Microsoft Windows, Anda juga dapat menggunakan program uninstaller dari pihak ketiga.

    Baca artikel Program Uninstaller Gratis Untuk Windows

  • Di jendela Programs and Features yang muncul, pilih atau sorot program (1) yang ingin dihapus atau dicopot dan kemudian klik Uninstall (2). Proses uninstall setiap program bisa berbeda, sebagian mungkin perlu satu atau lebih konfirmasi. Tunggu sampai proses uninstall selesai. Cara Menginstal ulang reinstall program dengan benar di Windows
  • Setelah proses menghapus atau mencopot program selesai, lakukan restart komputer. Sebagian program tidak meminta restart dan yang lain mungkin meminta restart. Diminta atau tidak untuk melakukan restart, tetap lakukan restart karena restart ini untuk memastikan bahwa program sepenuhnya telah dihapus. Ada juga file tertentu baru bisa dihapus setelah dilakukan restart.
  • Pastikan bahwa program telah sepenuhnya dihapus atau dicopot dari komputer Windows. Anda dapat memeriksa bahwa program tersebut sudah tidak terdaftar di menu Start Windows atau di daftar Programs and Features dari Control Panel.
  • Kemudian install kembali program. Pastikan bahwa Anda menginstal program versi terkini dan diperoleh dari CD instalasi bawaan atau yang diunduh (download) dari website resminya. Ini untuk memastikan bahwa program tersebut terbebas dari virus atau varian malware lain.

    Baca artikel Program Antivirus Gratis Untuk Windows

  • Setelah instalasi program selesai, restart kembali komputer Anda dan kemudian coba untuk menjalankan program yang telah diinstalasi ulang. Dengan selesainya instalasi ulang program yang bermasalah, diharapkan masalah komputer bisa terselesaikan.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It