Mengubah satuan unit pengukuran inci piksel Adobe Photoshop
Mengubah Satuan Atau Unit Pengukuran Inci Ke Piksel Di Adobe Photoshop

Seperti yang kita ketahui bahwa Adobe Photoshop adalah perangkat lunak aplikasi terbaik dan paling populer untuk mengedit foto. Aplikasi Adobe Photoshop banyak digunakan oleh editor foto profesional dan juga banyak individu yang memiliki minat tinggi pada fotografi. Dengan Adobe Photoshop, Anda dapat mengubah gambar atau foto menjadi jauh lebih menakjubkan lagi.

Pengguna baru yang belajar Adobe Photoshop mungkin agak bingung dengan adanya beberapa unit pengukuran. Nyatanya, Adobe Photoshop memang memiliki beberapa unit pengukuran yaitu piksel, inci, sentimeter, milimeter, poin dan picas. Ini akan membantu Anda untuk mengatur dimensi kustom Anda sendiri dengan unit yang ingin Anda simpan untuk membuat file baru.

Sebagai contoh, Anda membuat akan membuat atau mengedit gambar untuk ditambahkan pada artikel atau postingan di website yang Anda miliki. Karena website pada umumnya lebih menggunakan satuan piksel (pixels | picture element), Anda mungkin akan mengatur untuk menggunakan satuan piksel di Adobe photoshop daripada satuan lainnya agar lebih tepat dan presisi.

Secara default, aplikasi Adobe Photoshop menggunakan satuan inci (inches) sebagai unit pengkuran. Bila Anda menginginkan satuan lain untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek Anda, Anda dapat mengubahnya. Mengubah satuan pengukuran satu ke lainnya di Adobe Photoshop cukup mudah. Berikut ini adalah cara mengubah satuan pengukuran dari inci (inches) ke piksel (pixels) di Adobe Photoshop CS6:

Buka atau jalankan aplikasi Adobe Photoshop CS6 terlebih dahulu dan kemudian klik menu Edit.

Mengubah satuan unit pengukuran Adobe Photoshop

Dari daftar menu Edit yang muncul, klik submenu Preferences (1) di bagian paling bawaah dan kemudian klik atau pilih submenu Units & Rulers... (2).

Mengubah satuan unit pengukuran Adobe Photoshop

Di kotak dialog Preferences yang muncul, di area sebelah kiri, klik atau pilih tab Units & Rules (1), di area sebelah kanan, di kelompok Units, klik kotak tarik turun (drop down box) Rulers (2), kemudian pilih Pixels (3) dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK (4). Sekarang, Adobe Photoshop telah menggunakan unit pengukuran piksel (pixels).

Mengubah satuan unit pengukuran Adobe Photoshop
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It