VLC Media Player atau disingkat VLC saja adalah aplikasi gratis, sumber terbuka dan lintas platform. Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini dengan bebas. VLC Media Player dapat diinstal di berbagai sistem operasi baik desktop maupun mobile, seperti Microsoft Windows, Linux, macOS, Android, iOS dan sebagainya. VLC Media Player juga tersedia di platform distribusi digital seperti Apple's Apps Store, Google Play dan Microsoft Store.

Aplikasi yang dikembangkan oleh VideoLAN ini sudah dikenal lama dan populer sebagai aplikasi pemutar file multimedia seperti video dan audio. VLC Media Player mampu memutar file multimedia dalam berbagai format. Dalam perkembangannya, VLC Media Player telah memiliki banyak fitur, salah satunya adalah kemampuan untuk merekam layar komputer (screen recording).

Baca artikel Merekam Layar Komputer (Screen Recording) Dengan Wondershare Filmora

Video hasil merekam layar komputer menggunakan VLC Media Player memiliki kualitas sangat baik. Seperti aplikasi screen recording komersial, Anda juga dapat merekam atau menampilkan gerak pointer mouse dan menambahkan watermark seperti logo di posisi tertentu di video. Salah satu kelemahan yang masih ada adalah aplikasi ini belum bisa melakukan rekam suara (voice recording) ketika merekam layar komputer.

Baca artikel Bandicam, Software Untuk Merekam Layar Komputer

Namun, rekam suara bisa diatasi dengan merekam suara secara terpisah, misalnya menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti Voice Recorder atau aplikasi voice recorder dari pihak ketiga lainnya dan kemudian mengintegrasikan file audio ke video dengan VLC Media Player. Fitur screen recording di VLC Media Player terkesan tersebunyi, namun dapat dilakukan pengaturan dengan sangat mudah.

Berikut ini adalah cara merekan layar komputer (screen recording) sebagai video dengan aplikasi VLC Media Player:

Jalankan aplikasi VLC Media Player, klik menu Media (1) dan kemudian pilih submenu Open Capture Device... (2).

Merekam layar komputer (Screen Recording) dengan VLC Media Player

Di kotak dialog Open Media yang muncul, pastikan Anda berada di tab Capture Device (1), di opsi Capture mode, pilih Desktop (2), tentukan frame rate, misalnya 25 f/s (3), klik anak panah di tombol Play (4) dan kemudian pilih Convert (5).

Merekam layar komputer (Screen Recording) dengan VLC Media Player

Di kotak dialog Convert yang muncul, tentukan opsi predefined profil yang digunakan untuk merekam layar komputer. Umumnya, untuk merekam layar komputer dengan VLC media player, digunakan profile Video - H.24 + MP3 (MP4) (1), tentukan file destinasi yaitu folder penyimpanan dan nama file video (2) hasil dari rekam layar komputer dengan VLC Media Player dengan mengklik tombol Browse dan kemudian klik tombol Start (3) untuk mulai merekam layar komputer (screen recording).

Merekam layar komputer (Screen Recording) dengan VLC Media Player

Video tutorial terkait:

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It