Pernah mendapat gambar yang tidak dapat diedit di Adobe Photoshop? Ini tentu membuat Anda bingung bila Anda pemula atau baru belajar aplikasi Adobe Photoshop. Bila dilihat di bagian layer Photoshop, gambar ditandai dengan tulisan Index dan gambar gembok. Anda juga tidak dapat menggunakan ikon Create a new layer, Create a new group, Create a new fill or adjustment layer dan Add a mask yang ada di bagian bawah.

Bila Anda memiliki gambar dan aplikasi Adobe Photoshop, Anda juga bisa membuat gambar sulit diedit di Adobe Photoshop. Intinya adalah merubah gambar dari mode RGB Color ke mode Indexed Color. Di mode Indexed Color, Adobe Photoshop menaungi gambar dalam file warna 8-bit yang memang memiliki kualitas gambar kurang namun dengan tingkat kompresi tinggi. Mode Indexed Color menggunakan CLUT (Color Lookup Table) yang menyimpan dan mengindeks sampai 256 warna.

Baca artikel Mengatasi Gambar Tidak Bisa Diedit (Mode Index Layer) Di Adobe Photoshop

Membuat gambar sulit diedit di Adobe Photoshop seperti ini mungkin kurang mengena bila untuk pengguna Adobe Photoshop tingkat lanjut. Mereka tentu sudah tahu cara mengatasi gambar yang tidak bisa diedit seperti ini. Namun ini sudah menunjukkan bahwa pemilik gambar ingin menjaga privasi gambar dan agar gambar tidak mudah diedit. Berikut ini adalah cara membuat gambar sulit diedit di Adobe Photoshop:

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop dan kemudian buka gambar yang akan dibuat sulit untuk diedit di Adobe Photoshop. Klik menu Image (1), pilih submenu Mode dan kemudian pilih Indexed Color... (3).

Cara membuat gambar sulit diedit (index layer) di Adobe Photoshop

Di kotak dialog Indexed Color yang muncul, pilih Local (Perceptual) dari kotak daftar tarik turun (drop-down box) Palette (2), abaikan untuk parameter lainnya dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara membuat gambar sulit diedit (index layer) di Adobe Photoshop

Simpan kembali gambar. Klik menu File dan kemudian pilih Save As... Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder atau drive penyimpanan (1), beri nama untuk file gambar (2), pilih format PNG (*.PNG,*.PNS) (3) dan kemudian klik tombol Save (4). Anda sudah menyimpan gambar dengan mode Indexed Color yang sulit diedit di Adobe Photoshop.

Cara membuat gambar sulit diedit (index layer) di Adobe Photoshop

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It