Cara menonaktifkan (disable) Firewall di Windows

Firewall adalah salah satu tool keamanan bawaan (built-in secutiry tool) yang penting di sistem operasi Microsoft Windows. Firewall mulai disertakan di Windows XP SP2. Firewall sendiri adalah perangkat lunak pengaman jaringan yang bertugas untuk memeriksa lalu-lintas informasi yang masuk ke dan keluar dari komputer berdasarkan sekumpulan aturan yang diterapkan.

Firewall bekerja dengan memeriksa setiap informasi yang datang dari sekmen jaringan tertentu atau dari internet dan selanjutnya akan memblokir akses atau memberi akses ke informasi tersebut untuk masuk ke komputer. Pemblokiran dan pemberian akses tergantung juga pada pengaturan firewall di komputer yang digunakan.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Firewall berbeda, baik dengan antivirus maupun antimalware komputer. Firewall memberi proteksi dari serangan worm dan hacker, antivirus memberi proteksi dari serangan virus dan antimalware memberi proteksi dari serangan malware. Bila Anda ingin komputer selalu aman dari semua serangan, diperlukan ketiganya yaitu firewall, antivirus dan antimalware.

Baca artikel:

Microsoft Windows memiliki firewall bawaan yang memberi keamanan dengan membatasi atau mencegah akses masuk dari segmen jaringan atau dari internet ke komputer. Namun demikian, terkadang, muncul konflik antara firewall bawaan Windows dengan firewall dari hardware lain, misalnya Linksys. Untuk kasus seperti ini, firewall bawaan Windows dapat dinonaktifkan. Berikut ini adalah caranya di Microsoft Windows 7:

Baca artikel Firewall App Blocker Menawarkan Kemudahan Memblokir Aplikasi

Klik tombol windows yang ada di pojok kiri bawah dan dibagian Search programs and Files, ketik windows firewall.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Di bagian atas daftar pencarian yang muncul, di kelompok Control Panel, pilih dan klik Windows Firewall.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Ketika jendela Windows Firewall muncul, pilih dan klik tautan Turn Windows Firewall on or off.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Untuk menonaktifkan Windows Firewall dari semua tipe jaringan (private dan public), klik semua tombol radio berlabel Turn off Windows Firewall (not recommended) dan akhiri dengan mengklik tombol OK.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Video tutorial terkait:

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It