Di Microsoft Windows 10, ketika Anda membuka file gambar, misalnya file gambar PNG, dengan cara mengklik ganda file tersebut, maka file gambar dibuka di aplikasi default saat itu yaitu aplikasi Photos. Beberapa ekstensi file gambar lainnya seperti TIFF akan dibuka di aplikasi Windows Photo Viewer. Photos dan Microsoft Photo Viewer adalah aplikasi bawaan Windows yang sudah ada terinstal otomatis ketika Anda Menginstal Windows.

Bagaimana bila Anda sering bekerja dengan Adobe Photoshop dan ingin agar file gambar seperti PNG, JPG, GIF, BMP, PSD, TIFF langsung dibuka di Adobe Photoshop? Anda perlu menjadikan Adobe Photoshop sebagai aplikasi default menggantikan aplikasi Photos atau Microsoft Photo Viewer. Di sini, Adobe Photoshop berfungsi sebagai editor atau viewer default untuk berbagai file gambar tersebut.

Baca artikel Menyetel Ulang (Reset) Photoshop Ke Pengaturan Awal (Default)

Microsoft Windows sendiri mempunyai fitur Default apps. Dengan fitur ini, Anda dapat menentukan aplikasi default untuk setiap ekstensi file. Karena Microsoft Windows menampilkan semua ekstensi file yang jumlahnya sangat banyak, Anda akan sedikit kesulitan menggunakan cara ini. Sebenarnya, ada cara lebih mudah melalui menu pintas (shortcut menus). Berikut ini adalah cara menjadikan Adobe Photoshop sebagai editor default file gambar di Windows 10:

Artikel menarik lainnya:

Jalankan atau buka File Explorer. Secara default, File Explorer menyembunyikan ekstensi file. Untuk menampilkan ekstensi file di File Explorer, Anda dapat membaca artikel Cara Menampilkan Ekstensi File (File Extension) Di Microsoft Windows. Dengan ekstensi file ditampilkan, pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat beberapa ekstensi file gambar yaitu JPG, TIFF, PNG dan PSD.

Menjadikan Adobe Photoshop editor default untuk file gambar (JPG, PNG, GIF, TIFF, PSD)

Sebagai contoh, bila Anda ingin menjadikan Adobe Photoshop sebagai editor atau viewer default untuk file gambar JPG, seleksi terlebih dahulu file JPG, di contoh ini adalah file euphorbia.jpg (1), klik kanan file tersebut untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus), pilih menu Open with (2) dan kemudian pilih submenu Choose another app (3).

Menjadikan Adobe Photoshop editor default untuk file gambar (JPG, PNG, GIF, TIFF, PSD)

Di jendela How do you want to open this file, pilih aplikasi Adobe Photoshop (1), beri tanda centang di kotak centang (check box) Always use this app to open .jpg files (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Menjadikan Adobe Photoshop editor default untuk file gambar (JPG, PNG, GIF, TIFF, PSD)

Sekarang, setiap Anda membuka file gambar JPG dengan mengklik ganda (double click), file gambar JPG tersebut dibuka di Adobe Photoshop. Bila Anda ingin Adobe Photoshop sebagai aplikasi default untuk file gambar lainnya seperti PNG, GIF, BMP, PSD dan TIFF, ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap file gambar.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It