Sebagai pengguna komputer, Anda tentu tidak terlepas dari rutinitas menginstal atau menghapus program baru, membuat, menghapus atau merubah file-file di hardisk komputer dan sebagainya. Rutinitas yang berlangsung terus menerus ini dapat menghasilkan fragment (pecahan) yang terpisah dan tidak terorganisasi. Misalnya, ketika Anda telah merubah file, hasil perubahan sering disimpan di tempat berbeda di hardisk komputer.

Bagian atau pecahan file yang menyebar ini merupakan salah satu penyebab kinerja komputer menurun. Komputer akan menjadi lambat ketika menyimpan atau membuka file atau program. Microsoft Windows memiliki perkakas bawaan (built-in utilities) yang disebut Disk Defragmenter untuk mengatasi masalah seperti ini.

Baca artikel terkait: Membersihkan File-File Sampah Komputer Dengan Disk Cleanup

Disk Defragmenter mengkonsolidasi bagian atau pecahan file yang tersebar, kemudian menyusun ulang pecahan-pecahan file tersebut dan kemudian menyimpan kembali ke ruang penyimpanan yang berdekatan di hardisk sehingga komputer dapat berjalan lebih cepat dan lebih efisien.

Baca artikel lainnya:

Disk Defragmenter tidak hanya digunakan pada disk saja tetapi juga bisa digunakan pada media penyimpanan lainnya seperti USB flash drive. Disk Defragmenter dapat berjalan otomatis dengan melakukan penjadwalan. Namun, Anda juga dapat menjalankan perkakas tersebut secara manual. Berikut ini adalah cara menjalankan Disk Defragmenter secara manual:

Klik ikon Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar komputer Anda.

Meningkatkan kinerja komputer dengan disk defragmenter

Ketikkan "disk" di kotak Search programs and files untuk menampilkan daftar program yang terkait dengan disk. Dari daftar program yang muncul, pilih dan klik Disk Defragmenter.

Meningkatkan kinerja komputer dengan disk defragmenter

Dari kotak dialog Disk Defragmenter yang muncul, pilih dan klik disk yang akan didefrag. Apabila Anda ingin mendefrag lebih dari satu disk, pilih dan klik disk pertama, kemudian tekan tombol keyboard SHIFT (jangan dilepas) dan selanjutnya pilih dan klik disk kedua dan seterusnya. Untuk mulai mendefrag disk yang dipilih, klik tombol Defragment disks.

Meningkatkan kinerja komputer dengan disk defragmenter

Proses pertama akan menganalisa setiap disk yang akan didefrag dan selanjutnya akan mendefrag disk yang dipilih. Tunggu sampai proses defrag selesai atau kalau Anda ingin membatalkan proses defrag klik tombol Stop operations dan kemudian tutup dengan mengklik tombol Close.

Meningkatkan kinerja komputer dengan disk defragmenter

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It