Internet sudah dianggap sebagai sumber pengatahuan paling lengkap yang memuat banyak sekali artikel. Berbagai disiplin ilmu dengan jumlah artikel yang melimpah menjadikan internet sebagai perpustakaan terbesar dunia. Konten artikel di internet ada yang dapat disalin (copy) dan ada pula yang tidak (diproteksi). Untuk artikel yang diproteksi, Anda cukup hanya dengan membacanya saja dan tidak dapat menyalin untuk diambil kontennya.

Namun, ada cara dimana Anda juga dapat menyalin konten artikel yang diproteksi. Artikel-artikel tersebut memang sengaja diproteksi agar kontennya dapat tidak diambil. Sebagai orang yang bijak, hendaknya Anda menghargai karya orang lain dengan tidak mengambil konten artikel tanpa seizin pemiliknya. Hendaknya artikel tentang cara menyalin konten web yang diproteksi yang dijelaskan berikut ini digunakan untuk tujuan baik dan sebagai pengetahuan saja.

Artikel menarik lainnya:

Berikut ini adalah beberapa cara menyalin konten web (website atau blog) yang diproteksi:

1. Menonaktifkan JavaScript.

Umumnya, proteksi konten artikel di internet menggunanakan JavaScript. Untuk dapat menyalin konten artikel yang diproteksi menggunakan JavaScrip, terlebih dahulu Anda perlu menonaktifkan (disable) dukungan javascript di browser yang digunakan. Setiap browser memiliki opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan JavaScript. Berikut ini adalah cara menonaktifkan JavaScript di browser Mozilla Firefox.

Menyalin konten web yang diproteksi

2. Menyalin konten dari kode sumber.

Anda mungkin telah paham bahwa website dan kontennya ditulis menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML) agar dapat ditampilkan di web browser. Ketika Anda membuka sebuah halaman website menggunakan web browser, kode HTML dapat dilihat kembali menggunakan menu pintas klik kanan tombol mouse dan kemudian memilih menu "View page source" atau yang searti.

Menyalin konten web yang diproteksi

Setiap web browser menyediakan menu pintas ini. Bila Anda tidak bisa menampilkan menu pintas, kemungkinan website dari halaman yang Anda buka telah menonaktifkan fitur ini untuk melindungi konten agar tidak disalin tanpa ijin. Bila demikian, Anda masih bisa membuka kode HTML dengan mengetikkan pola view-source:URL di address bar web browser yang digunakan seperti contoh berikut ini:

view-source:https://www.domain.com/artikel1.html

Ketika kode HTML dari laman website yang dibuka telah ditampilkan, Anda dapat menyalin konten atau teks yang terdapat di antara tag-tag HTML tanpa terproteksi lagi. Anda dapat memanfaatkan fitur Find (CTR+F) untuk mempercepat pencarian teks yang ingin disalin. Untuk pemula, cara ini mungkin akan membingungkan dan sedikit merepotkan dan Anda juga perlu pengetahuan dasar tentang HTML.

3. Menggunakan kotak dialog Print dari browser.

Setiap web browser memiliki fitur Print berupa kotak dialog. Anda dapat menampilkan kotak dialog Print ini menggunakan kombinasi tombol keyboard CRTL+P. Di Google Chrome, kotak dialog Print dapat menampilkan halaman website dalam mode preview. Dengan mode Preview ini, Anda dapat menyorot konten artikel dan menyalinnya.

4. Menggunakan ekstensi web browser.

Sebenarnya, ada ekstensi untuk setiap web browser yang bisa digunakan untuk menyalin konten artikel yang diproteksi. Anda tinggal mencari ekstensi yang tepat untuk web browser yang Anda gunakan. Bila Anda pengguna web browser Google Chrome, Anda dapat menginstal ekstensi Allow Select And Copy. Setelah Anda menambahkan ekstensi ini ke Google Chrome, Anda dimungkinkan untuk menyalin konten artikel yang diproteksi.

Menyalin konten web yang diproteksi

5. Menggunakan situs proxy.

Cara ini sama dengan cara pertama yaitu menonaktifkan JavaScript. Situs proxy (proxy sites) yang dimaksud di sini adalah situs proxy yang menawarkan fitur penonaktifan JavaScript, seperti hidemyass.com, dontfilter.us, fakeip.org dan sebagainya. Bila Anda membuka konten website yang diproteksi JavaScript menggunakan situs proxy dengan menonaktifkan fitur JavaScript, Anda dapat menyalin konten atikel tanpa proteksi.

Menyalin konten web yang diproteksi

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It