Folder atau direktori di Windows adalah tempat untuk menyimpan file, folder lain dan pintasan (shortcut). Bila Anda pengguna Windows, Anda tentu sudah sangat mengenal ikon dari folder. Ikon folder di Windows kurang lebih sama berupa gambar map atau amplop kecil warna coklat. Windows 7, Windows 8 atau 8.1 dan juga Windows 10 masih menggunakan serangkaian ikon yang pertama kali dirilis untuk Windows Vista.

Bagi pengguna lama Windows, tampilan yang sama mungkin terlihat hambar dan kurang menarik. Mungkin ada keinginan Anda untuk merubah atau mengganti satu atau lebih folder tempat Anda menyimpan file-file penting. Di Windows, Anda dapat menyesuaikan ikon folder dengan ikon lain yang disediakan Windows atau ikon Anda sendiri. Sejak zaman Windows XP, Windows memiliki opsi untuk merubah ikon folder.

Artikel menarik lainnya:

Memiliki ikon folder yang unik dapat membantu mengenali lebih cepat folder yang sedang dicari. Namun demikian, banyak pengguna Windows yang menerima ikon default folder tanpa mencoba memanfaat fitur merubah atau mengganti ikon folder yang praktis di Windows. Berikut ini adalah cara merubah ikon folder di Microsoft Windows:

Jalankan atau buka File Explorer, klik kanan mouse pada folder yang ikonnya ingin dirubah untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties.

Merubah atau mengganti ikon (icon) folder di Microsoft Windows

Di kotak dialog [nama-folder] Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Customize (1) dan kemudian klik tombol Change Icon... (2).

Merubah atau mengganti ikon (icon) folder di Microsoft Windows

Di kotak dialog Change icon for [nama-folder] Folder yang muncul, Anda dapat memilih ikon dari daftar ikon yang ditampilkan (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau klik tombol Browse... (3) untuk menggunakan ikon sendiri.

Merubah atau mengganti ikon (icon) folder di Microsoft Windows

Di kotak dialog Change icon for [nama-folder] Folder yang muncul, tentukan folder atau direktori tempat ikon berada (1), pilih ikon yang akan digunakan (2) dan kemudian klik tombol Open (3). Anda diarahkan kembali ke kotak dialog Change icon for [nama-folder] Folder sebelumnya, klik tombol OK dan kemudian ke kotak dialog [nama-folder] Properties, klik tombol Apply dan OK.

Merubah atau mengganti ikon (icon) folder di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It