Menyalin Tabel Dari Microsoft Word Ke Microsoft Excel Dengan Cepat

Microsoft Word dan Microsoft Excel memiliki kegunaan berbeda. Untuk membuat dokumen teks, Anda menggunakan Microsoft Word. Untuk membuat tabel atau mengolah data yang ada di tabel, Anda menggunakan Microsoft Excel. Namun tidak menutup kemungkinan, Anda juga membuat tabel di Microsoft Word dan mengisinya dengan data. Microsoft Word memiliki fitur Table untuk membuat tabel di dalam dokumen.

Umumnya, data di tabel Microsoft Word adalah data biasa yang tidak untuk diolah atau dimanipulasi lebih lanjut. Data hanya disajikan dalam bentuk tabular di dalam dokumen atau bisa juga sebagai tabel terpisah untuk lampiran dokumen. Banyak pengguna Microsoft Office lebih memilih untuk membuat tabel di Microsoft Excel karena akan lebih mudah dan cepat.

Baca artikel Mengubah Teks Ke Tabel Atau Tabel Ke Teks Di Microsoft Word

Selain memiliki fitur pemformatan tabel dan data yang sangat lengkap, Microsoft Excel juga memiliki fitur AutoFormat untuk memformat tabel dan data dengan lebih cepat dan mudah. Microsoft Word sendiri memiliki fitur terbatas untuk memformat tabel sehingga tampilan tabel dan data tidak akan semenarik hasil performatan di Microsoft Excel.

Baca artikel:

Anda mungkin pernah mendapat file atau dokumen Microsoft Word yang memiliki tabel dengan banyak data dari seorang teman atau dari sumber lain di internet. Anda berharap seandainya tabel dan data tersebut dalam format file Microsoft Excel, akan lebih tepat. Data di tabel bisa diolah atau memanipulasi lebih lanjut dan tampilannya bisa jauh lebih menarik.

Baca artikel Mengatur Tabel Rata Kiri, Tengah Atau Kanan Di Dokumen Word

Menyalin tabel dari Microsot Word ke Microsoft Excel dengan data yang begitu banyak satu persatu membutuhkan waktu yang lama dan juga melelahkan. Sebenarnya, ada cara untuk menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat dan pastinya tidak melelahkan. Anda hanya perlu sedikit mengubah dan bahkan tidak perlu sama sekali untuk menghasilkan tampilan yang sama.

Untuk menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat, buat backup file atau dokumen Microsoft Word yang berisi tabel, hapus teks pengantar dan juga obyek lain seperti gambar, grafik atau shape bila ada dan sisakan hanya tabel dan data saja. Simpan kembali file atau dokumen Microsoft Word yang hanya berisi tabel dengan format Web Page (*.htm;*.html).

Menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat

Klik menu File, di backstage Microsoft Word yang muncul, klik Save As (1) dan kemudian klik Browse untuk menyimpan kembali file atau dokumen Microsoft Word.(2)

Menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan (1), beri nama file (2), pilih Web Page (*.htm;*.html) untuk Save as type (3) dan kemudian klik tombol Save (4).

Menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat

Sekarang, jalankan aplikasi Microsoft Excel dan kemudian buka kembali dokumen yang sudah disimpan dalam format Web Page (*.htm;*.html) tersebut. Ketika dibuka di Microsoft Excel, tampilan tabel belum seperti yang diharapkan. Gridlines Microsoft Excel tidak muncul atau tidak ditampilkan dan data di tabel sebagian tertutupi karena ukuran font lebih besar dari tinggi baris.

Menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat

Untuk menampilkan gridlines di Microsoft Excel, klik tab View (1), di kelompok Show, beri tanda centang di kotak centang (check box) Gridlines (2).

Baca artikel:

Menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat

Untuk menampilkan data tabel yang tertutupi, Anda perlu untuk mengubah tinggi baris (row height) Microsoft Excel. Anda dapat mengubah tinggi baris Microsoft Excel dengan beberapa cara seperti melalui dragging mouse, menggunakan fitur Row Height atau fitur AutoFit Row Height.

Hasil akhir menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Menyalin tabel dari Microsoft Word ke Microsoft Excel dengan cepat
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It