Menangkap gambar di layar komputer dengan Snipping tool

Microsoft Windows telah menyediakan tombol atau kombinasi tombol keyboard untuk menangkap atau mengambil gambar yang ada di layar komputer. Anda dapat menggunakan tombol keyboard PrtScn untuk mengambil gambar yang ditampilkan di layar komputer dengan ukuran satu layar penuh. Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Alt+PrtScn untuk mengambil jendela atau kotak dialog yang sedang aktif. Kedua metoda tersebut mengharuskan Anda meletakkan (paste) hasil pengambilan gambar ke program lain seperti Microsoft Paint, Microsoft Word, Microsoft Excel sebelum diproses lebih lanjut.

Mulai di Windows Vista, Microsoft telah menyertakan utilitas atau aplikasi kecil untuk mengambil gambar secara bebas dari tampilan layar komputer. Aplikasi tersebut adalah Snipping Tool yang berada di Windows Accessories. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat memilih secara bebas dan mudah potongan gambar yang diinginkan di layar komputer. Bila potongan gambar yang diinginkan sudah diperoleh, Anda dapat menyimpannya langsung dalam format .png, .jpeg, .gif atau Single file HTML. Anda tidak perlu meletakkan terlebih dahulu hasil pengambilan potongan gambar ke program lainnya. Berikut ini adalah cara menggunakan utilitas Snipping Tool:

Baca artikel:

Klik tombol Start (berlogo Windows) yang ada di sudut kiri bawah (1), di menu Windows Accessories, Anda dapat menemukan aplikasi Snipping tool (2). Bila Anda sudah menyematkan (pin) aplikasi Snipping tool di Start sebagai tile, klik aplikasi tersebut (3).

Menangkap gambar di layar komputer dengan Snipping tool

Aplikasi Snipping tool dijalankan. Untuk mulai menangkap gambar di layar komputer, klik tombol New.

Menangkap gambar di layar komputer dengan Snipping tool

Anda dapat memperhatikan layar komputer nampak redup yang menandakan bahwa Anda dapat mulai menyeleksi dengan menggunakan mouse area tertentu di layar komputer yang akan diambil sebagai gambar.

Menangkap gambar di layar komputer dengan Snipping tool

Area yang terseleksi akan dimasukkan di aplikasi Snipping Tool. Apabila area terseleksi kurang sesuai dengan keinginan, Anda dapat mengulangi kembali dengan menekan tombol New. Untuk mulai menyimpan, klik menu File (1) dan kemudian pilih Save As... (2).

Menangkap gambar di layar komputer dengan Snipping tool