Apa sebenarnya driver itu, mengapa setiap menambahkan hardware, misalnya mouse, DVD External atau kartu grafis (graphics card) ke komputer perlu juga menginstal driver? Driver sebenarnya adalah juga software (perangkat lunak) yang membolehkan sistem operasi, misalnya Microsoft Windows, untuk berkomunikasi dengan hardware yang sudah terpasang di komputer. Agar hardware dapat berfungsi dan beroperasi dengan baik, diperlukan driver.

Bila Anda menggunakan Microsoft Windows, ada driver yang disediakan oleh Windows dan ada pula driver yang disediakan oleh produsen hardware. Driver yang disediakan oleh Windows sudah ada di dalam sistem operasi Windows, sedangkan driver yang disediakan oleh produsen, ada di dalam disk yang disertakan saat membeli hardware. Bila Anda membeli hardware dan disertai disk driver, akan lebih baik bila Anda menginstal driver tersebut.

Lalu apa perbedaan antara driver yang disediakan Windows dengan driver berasal dari produsen (manufacturer)? Sebenarnya, driver yang disediakan oleh Windows adalah juga driver yang berasal dari produsen hardware namun hanya versi minimal, artinya hanya inti driver untuk memfungsikan atau mengoperasikan hardware tersebut. Misalnya, driver dari produsen hardware memiliki control panel, sedangkan yang disediakan Windows tidak.

Baca artikel Update Driver NVIDIA High Definition Audio Dari Produsen Langsung

Driver perlu diperbarui (update) karena sistem operasi juga terus diperbarui. Driver perlu diperbarui agar hardware dapat berfungsi dan beroperasi dengan benar. Di Windows, memperbarui (update) driver bisa melalui Device Manager atau Anda bisa mengunduh driver versi terbaru di website resmi produsen harware tersebut dan kemudian menginstalnya. Bila Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan software driver updater dari pihak ketiga.

Baca artikel Microphone Di Windows 10 Tidak Berfungsi Karena Masalah Driver Audio

Software atau aplikasi driver updater membantu Anda melakukan update driver untuk hardware yang sudah terpasang di komputer Windows, baik sebagian atau keseluruhan. Sofware driver updater ada yang gratis dan komersial. Driver updater versi komersial tentu memiliki banyak kebihan, namun terkadang vergi gratis juga dianggap sudah cukup. Berikut ini 6 software atau aplikasi driver updater gratis terbaik untuk Microsoft Windows:

1. DriverMax.

Driver updater gratis untuk Microsoft Windows

DriverMax adalah software driver updater yang terkenal dibandingkan dengan software sejenis lainnya. DriverMax mendukung instalasi otomatis, pemindaian terjadwal dan juga backup driver secara lengkap. DriverMax dapat diatur untuk memeriksa pembaruan driver dan mengunduhnya (download) di setiap saat, hari, minggu atau bulan. DriverMax dapat diinstal di versi Microsoft Windows 7 ke atas, baik yang 32-bit maupun 64-bit.

2. Driver Booster.

Driver updater gratis untuk Microsoft Windows

Driver Booster melakukan pemindaian driver yang usang dan kemudian mengunduh (download) driver versi barunya. Sebelum melakukan instalasi driver baru, Anda bisa melihat informasi perbandingan antara driver versi baru dengan driver yang terinstal saat ini. Driver Booster akan membuat restore point sebelum menginstal driver. Driver Booster dapat diinstal di versi Microsoft Windows XP ke atas.

3. Driver Easy.

Driver updater gratis untuk Microsoft Windows

Banyak yang mengatakan bahwa Driver Easy sangat powerfull. Driver Easy akan melakukan pemindaian driver yang hilang, usang atau yang tidak cocok dan kemudian menampilkan semua driver yang diperlukan. Anda kemudian dapat menginstal driver tersebut dan Driver Easy akan mengunduh dan menginstalnya secara otomatis untuk Anda. Driver Easy dapat diinstal di versi Microsoft Windows 7 ke atas.

4. Driver Talent.

Driver Talent sebelumnya lebih dikenal dengan nama DriveTheLife. Driver Talent akan melakukan pemindaian dan menemukan driver yang usang, hilang, corrupt dan rusak. Driver Talent kemudian mengunduh dan memperbarui (update) driver ke versi terbaru saat ini. Driver Talent memiliki antarmuka (interface) yang mudah digunaka. Driver Talent dapat diinstal di versi Microsoft Windows XP ke atas.

5. Snappy Driver Installer.

Driver updater gratis untuk Microsoft Windows

Snappy Driver Installer adalah driver updater yag mengesankan. Anda dapat mengunduh banyak driver dari berbagai tipe hardware sekaligus. Setelah semua driver diunduh (downloaded), Snappy Driver Installer kemudian memberi akses kepada Anda untuk menginstal update dengan atau tanpa akses ke internet. Snappy Driver Installer sangat mudah digunakan. Snappy Driver Installer dapat diinstal di versi Microsoft Windows XP ke atas.

6. Free Driver Scout.

Free Driver Scout merupakan salah satu driver updater yang mengesankan. Free Driver Scout akan melakukan pemindaian secara otomatis untuk pembaruan driver yang diperlukan dan secara otomatis pula akan mengunduh dan menginstalnya tanpa perlu masukan (input) dari Anda. Free Driver Scout juga dapat melakukan backup beberapa atau semua driver dan dengan mudah dapat memulihkan (restor) kembali jika Anda menginginkan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It