Mengubah unit ukuran tinggi baris dan lebar kolom di Microsoft Excel
Mengubah Unit Ukuran Tinggi Baris Dan Lebar Kolom Di Microsoft Excel
Anda dapat mengubah lebar kolom Microsoft dari 0 sampai dengan 255 poin dimana satu poin sama dengan lebar satu karakter yang ditampilkan di sel Microsoft Excel dengan menggunakan format font standar. lebar kolom standar di Microsoft Excel adalah 8,43 karakter yang juga sama dengan 64 pixel. Jika Anda mengatur lebar kolom menjadi 0 (zero), maka akan kolom disembunyikan atau tidak ditampilkan.

Sama halnya dengan lebar kolom, Anda juga dapat mengubah tinggi baris dari 0 sampai 409 poin, dimana satu poin kira-kira sama dengan 1/72 inci atau 0,0035 cm. Jika Anda mengatur tinggi baris menjadi 0 (zero), maka baris akan disembunyikan atau tidak ditampilkan. Dalam prakteknya, setiap versi Microsoft Excel seperti Microsoft Excel 2013 atau Microsoft Excel 2016 mempunyai tinggi baris berbeda tergantung dari display scaling (skala tampilan atau DPI).

Baca artikel:

Dalam situasi tertentu, misalnya ketika Anda menyiapkan lembar kerja (worksheet) untuk dicetak, Anda dapat mengubah unit ukuran standar ini dengan unit ukuran lain. Microsoft Excel sebenarnya juga menyediakan unit ukuran lain yaitu inches (inci), centimeters (sentimeter) dan milimeters (milimeter) untuk digunakan. Untuk menggunakan dan melihat unit ukuran yang digunakan, Anda perlu berada di Page Layout view.

Baca artikel:

Pastikan Anda telah menjalankan aplikasi Microsoft Excel, klik tab View (1) dan kemudian klik tombol Page Layout (2) di kelompok Workbook Views yang ada di sebelah kiri.

Mengubah unit ukuran tinggi baris dan lebar kolom excel ke inci, setimeter atau milimeter

Untuk melihat unit ukuran yang digunakan, drag batas heading baris atau kolom dan kemudian geser. Secara standar, di Page Layout view ini, Microsoft Excel menggunakan ukuran inches (inci). Mengubah unit ukuran tinggi baris dan lebar kolom excel ke inci, setimeter atau milimeter

Untuk mengubah unit ukuran ini ke unit ukuran lainnya seperti centimeters atau milimeters, klik tab File dan kemudian pilih Options yang ada di bagian paling bawah. Di kotak dialog Excel Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Advanced (1). Gulung ke bawah untuk menemukan bagian Display (2), di kotak tarik turun (combo box) berlabel Rulers units, pilih nilai misalnya Centimeters (3) dan akhiri dengan mengklik tombol OK (4).

Mengubah unit ukuran tinggi baris dan lebar kolom excel ke inci, setimeter atau milimeter

Untuk memastikan bahwa Anda telah mengubah unit ukuran ke centimeters, drag kembali batas heading baris atau kolom dan kemudian geser. Sekarang, di Page Layout view ini, Microsoft Excel telah menggunakan ukuran sentimeter (centimeters).

Mengubah unit ukuran tinggi baris dan lebar kolom excel ke inci, setimeter atau milimeter
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It