Umumnya, tampilan warna latar hampir semua laman website adalah putih dengan teks warna hitam. Namun, masih ada satu atau dua website menggunakan warna latar hitam dan tulisan putih. Sebenarnya warna latar website dapat mempengaruhi kondisi mata ketika sedang membaca konten. Warna latar putih cenderung membuat mata silau, pedih dan cepat lelah, terutama ketika hari gelap (malam hari).

Banyak aplikasi yang ada sekarang ini telah mendukung mode tema gelap (dark theme mode). Anda dapat mengaktifkan mode tema gelap di waktu malam untuk memberikan kenyamanan pada mata. Aplikasi bawaan Microsoft Windows 10 seperti Windows Settings, Groove Music, Microsoft Edge dan Windows Store mengdukung mode tema gelap ini. YouTube dan Twitter juga telah memiliki mode tema gelap.

Bila Anda pengguna browser Google Chrome, Google Chrome juga menyediakan ekstensi untuk merubah semua tampilan website yang dibuka ke tema gelap. Ekstensi bernama Dark Reader ini dapat merubah tampilan website ke tema gelap dengan cepat. Perubahan tampilan website ke tema gelap tidak merubah tampilan website sesungguhnya. Ketika ekstensi untuk Dark Reader dinonaktifkan atau website dibuka menggunakan browser lain, tampilan website kembali seperti semula.

Ekstensi Dark Reader ini gratis (free extension) dan penggunaannya cukup mudah. Anda dapat memperoleh ekstensi ini di Chrome web store dan kemudian dapat langsung menambahkannya ke browser Google Chrome. Setelah proses penambahan ekstensi selesai, akan muncul ikon Dark Reader di sudut kanan atas dan semua laman website yang terbuka di tab browser Google Chrome seketika itu juga menggunakan mode tema gelap.

Merubah tampilan website di Google Chrome ke tema gelap (dark theme mode)

Ekstensi Dark Reader juga menyediakan pengaturan yang bisa disesuaikan untuk mode tema gelap seperti Brightness, Contrast, Sepia, Grayscale, pengaturan font dan ignore list.

Merubah tampilan website di Google Chrome ke tema gelap (dark theme mode)

Contoh tampilan home page blog termasmedia.com setelah menambahkan ekstensi Dark Reader di browser Google Chrome.

Merubah tampilan website di Google Chrome ke tema gelap (dark theme mode)

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It