Cara mengetahui atau melihat jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris di dokumen Microsoft Word

Cara Mengetahui Jumlah Halaman, Kata, Karakter, Paragraf Dan Baris Di Dokumen Word

Artikel ini berdasarkan pengalaman pertama ketika saya harus melaporkan satu atau lebih blog yang telah menyalin artikel saya tanpa izin, baik sebagian atau keseluruhan, ke Google DMCA. Saat itu saya harus mengisi formulir online untuk dikirim ke pihak Google dan salah satu yang harus diisi adalah tentang identifikasi dan uraian karya berhak cipta yang dibatasi hanya sampai 500 karakter.

Saya mencoba untuk mengisi sesingkat dan sejelas mungkin. Setelah semua isian pada formulir online tersebut selesai, saya kemudian mengirim dengan mengklik tombol Kirim. Namun pengiriman formulir online ke Google gagal karena isian untuk identifikasi dan uraian karya berhak cipta ternyata lebih dari 500 karakter.

Mengurangi jumlah karakter untuk isian tersebut tentu saja menyita waktu karena isian perlu dipersingkat namun tetap harus jelas. Proses kirim gagal ini berlangsung beberapa kali karena meskipun sudah dipersingkat, namun masih tetap lebih dari 500 karakter. Akhirnya saya memutuskan untuk mengetahui jumlah karakter sebenarnya dengan cara copy paste ke dokumen Microsoft Word.

Baca artikel Menampilkan Statistik Penghitungan Kata Di Microsoft Word

Fitur statistik penghitungan kata (Word Count Statistics) di Microsoft Word menunjukkan bahwa jumlah karakter lebih dari 500, termasuk spasi. Akhirnya isian tersebut langsung saya perbaiki di Microsoft Word untuk memastikan bahwa jumlah karakter benar-benar kurang dari 500.

Baca artikel Menyisipkan Hitungan Kata (Word Count) Di Dokumen Word

Statistik penghitungan kata merupakan fitur penting untuk aplikasi pengolah kata (word processor) seperti Microsoft Word. Ketika Anda mengetikkan teks, Microsoft Word secara otomatis menghitung dan menampilkan sebagai statistik di fitur Word Count. Melalui fitur Word Count ini, Anda dapat mengetahui jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan juga baris dokumen.

Anda dapat memanfaatkan fitur Word Count ini ketika membuat dokumen yang harus mengikuti beberapa petunjuk atau aturan yang berlaku. Misalnya, Anda mengikuti lomba karya tulis yang memiliki aturan batasan jumlah minimal kata untuk karya tulis yang dibuat. Lalu, bagaimana cara mengetahui jumlah halaman, kata, karakter, paragraf atau baris di dokumen Microsoft Word? Berikut ini adalah caranya:

Buka dokumen Microsoft Word dan kemudian sorot atau seleksi teks yang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf atau barisnya ingin diketahui. Untuk menyorot atau menyeleksi seluruh teks sebuah dokumen, gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+A.

Cara mengetahui atau melihat jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris di dokumen Microsoft Word

Klik tab Review (1) dan kemudian klik tombol Word Count (2) untuk menampilkan kotak dialog Word Count.

Cara mengetahui atau melihat jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Word Count yang muncul, Anda dapat melihat statistik yang menampilkan jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris.

Cara mengetahui atau melihat jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris di dokumen Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It