Menghapus (uninstall) Aplikasi Xbox Dari Windows 10

Tidak dipungkiri lagi oleh kita bahwa Windows 10 telah merombak penampilan dengan antar muka pengguna (user interface) yang begitu keren bila dibandingkan dengan versi Windows pendahulunya. Selain itu, Windows 10 juga telah memperkenalkan banyak fitur baru seperti aplikasi universal pra-instal, salah satunya adalah aplikasi XBox (Xbox app). Lalu, apa sebenarnya Xbox app di Windows 10?

Aplikasi Xbox (Xbox app) di Windows 10 memungkinkan Anda sebagai pengguna PC Windows 10 berpasangan dengan konsol Xbox One untuk streaming game favorit dari Xbox One ke PC Windows 10, mengakses cuplikan layar game (gameplay capture) dan mengunduhnya melalui PC Windows 10, bergabung atau membuat klub sebagai tempat mengobrol dengan teman serta pemain game lain dan masih banyak lagi lainnya.

Namun demikian, tidak semua pengguna Windows 10 memiliki kebutuhan terkait aplikasi yang sama. Bila Anda salah satu orang yang tidak suka bermain game atau apapun yang terkait dengan game, aplikasi Xbox ini menjadi tidak atau kurang berguna terinstal di PC Anda. Bila demikan, aplikasi Xbox ini hanya akan mengurangi ruang penyimpanan dan sumber daya (resource) komputer Anda.

Bila dinginkan, Anda dapat menghapus (remove atau uninstall) aplikasi Xbox (Xbox app) dari PC Windows 10 Anda. Anda tidak perlu kawatir. Bila menginginkan kembali kehadiran aplikasi Xbox di PC, Anda dapat menginstal aplikasi Xbox kapanpun dari Microsoft Store (sebelumnya Windows Store). Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi Xbox dari PC Windows 10 Anda:

Baca artikel terkait:

Jalankan terlebih dahulu Windows PowerShell sebagai Administrator. Anda dapat mengetikkan "powershell" (1) di kotak pencarian (search box) Windows 10, di hasil pencarian Windows PowerShell yang muncul, kemudian pilih Run As Administrator (2).

Menghapus (uninstall) aplikasi Xbox dari Windows 10

Di jendela Administrator: Windows PowerShell yang muncul, ketik perintah: Get-AppxPackage *xboxapp* | Remove-AppxPackage dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menghapus (uninstall) aplikasi Xbox dari Windows 10

Tunggu sampai proses menghapus selesai. Proses penghapusan hanya perlu waktu beberapa detik. Bila telah selesai, ketik perintah: exit dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk keluar dari Windows PowerShell.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It