Cara Membuat Taskbar Lebih Transparan Melalui Registry

Meskipun Microsoft telah melakukan perombakan besar pada antarmuka (interface) sistem operasi sejak Windows 8, ternyata masih banyak juga pengguna Windows yang merasa belum puas. Sebagian pengguna mencoba malakukan perubahan agar memiliki tampilan yang lebih personal. Sebenarnya, Windows sendiri juga menyediakan banyak opsi untuk mengubah tampilan antarmuka grafisnya.

Sebagian opsi tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan di Windows Settings dan sebagian lainnya tersembunyi dan perlu dilakukan melalui registry. Taskbar adalah salah satu elemen antarmuka grafis Windows yang dapat diubah. Di Windows 10, Anda dapat membuat taskbar menjadi transparan atau tidak melalui opsi pengaturan yang ada Windows Settings.

Baca artikel:

Namun, level transparansi melalui opsi pengaturan di Windows Settings tidak bisa diatur sesuai keinginan, Windows membatasi ketentuan ini. Bila Anda ingin level transparansi yang lebih untuk taskbar, Anda dapat melakukannya melalui opsi tersembunyi yaitu registry. Bila Anda ingin membuat taskbar Windows lebih transparan, berikut ini adalah caranya:

Baca artikel:

Buka atau jalankan Registry Editor terlebih dahulu. Untuk membukanya, gunakan pintasan keyboard Windows + R, di kotak dialog Run yang muncul, ketik regedit dan kemudian klik tombol OK. Di jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke registry key di bawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

Di subkey Advanced, buat DWORD (32-bit) Value baru dengan cara sorot atau pilih subkey TabbedBrowsing, di area kosong sebelah kanan, klik kanan untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian pilih DWORD (32-bit) Value.

Membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Beri nama DWORD (32-bit) Value baru ini dengan UseOLEDTaskbarTransparency. Periksa nilai DWORD (32-bit) Value bernama UseOLEDTaskbarTransparency dengan cara mengklik kanan tepat di UseOLEDTaskbarTransparency dan kemudian pilih Modify...

Membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Bila nilai UseOLEDTaskbarTransparency bukan 1, ubah nilai tersebut menjadi 1, klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Edit DWORD (32-bit) Value dan kemudian tutup jendela Registry Editor.

Cara membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Untuk mengubah taksbar lebih transparan, klik tombol Start Menu dan kemudian pilih Settings. Di jendela Windows Settings yang muncul, pilih Personalization. Di jendela Settings - Personalization yang muncul, pastikan Anda berada di tab Color dan kemudian ubah nilai toggle switch Make Start, taskbar, and action center transparent dari Off menjadi On.

Cara membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It