Kita tentu mengetahui bahwa ukuran ruang penyimpanan seperti HDD atau SSD sudah sangat besar. Anda dapat dengan leluasa menyimpan file berukuran besar dan dengan jumlah yang sangat banyak. Namun apakah ini berarti kita mengabaikan sikap hemat pada ruang penyimpanan file di komputer? Bagaimanapun juga, dari hari ke hari, ukuran dan jumlah file akan terus mengalami peningkatan.

Di sisi lain, ketika Anda ingin berbagi file segera dengan seseorang yang berada cukup jauh, Anda perlu mengirim melalui email sebagai file attachment. Ukuran file kecil akan lebih ringan ketika dikirim dan akan lebih cepat selesai ketika diunduh (download). Salah satu cara menghemat ruang penyimpanan dan memperkecil ukuran file adalah dengan mengkompres (zip) file tersebut.

Baca artikel terkait:

Microsoft Windows memiliki fitur yang lengkap, salah satunya adalah dukungan (native support) untuk mengkompres (zip) dan mengekstrak (unzip) file. Anda tidak perlu lagi aplikasi pihak ketiga meskipun gratis seperti 7-Zip, PeaZip, IZArc atau lainnya kecuali Anda memerlukan fitur tertentu seperti memproteksi file terkompresi dengan password. Berikut ini adalah 3 cara mengkompres (zip) file menggunakan fitur bawaan Microsoft Windows.

Untuk mengkompres file dan folder, Anda terlebih dahulu harus menyeleksi atau menyorot file dan folder yang akan dikompres. Anda dapat mempelajari teknik menyeleksi atau menyorot file dan folder di Microsoft Windows melalui artikel Cara Menyeleksi Atau Menyorot Banyak File Dan Folder Di Windows.

1. Melalui menu pintas (shortcut menus).

Setelah file dan folder diseleksi atau disorot, klik kanan mouse di salah satu file atau folder yang diseleksi, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Send to (1) dan kemudian pilih Compressed (zipped) folder (2). Nama file terkompresi sama dengan nama file pertama yang diseleksi atau disorot dengan menggunakan ekstensi .zip.

Cara mengkompres (zip) file dan folder di Microsoft Windows

2. Melalui File Explorer.

Jalankan atau buka File Explorer (dulu bernama Windows Explorer). Beberapa cara membuka File Explorer dapat dibaca melalui artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan File Explorer Di Microsoft Windows 10. Seleksi atau sorot file dan folder yang ingin dikompres, klik tab Share (1) dan kemudian klik tombol Zip (2). Nama file terkompresi sama dengan nama file pertama yang diseleksi atau disorot dengan menggunakan ekstensi .zip.

Cara mengkompres (zip) file dan folder di Microsoft Windows

3. Menambahkan ke dalam file terkompresi (.zip).

Teknik ini bisa digunakan bila Anda telah mempunyai file terkompresi (berekstensi .zip). Anda cukup menambahkan file atau folder yang akan dikompres (1) ke dalam file terkompresi (2). Anda dapat menambahkan file atau folder ke dalam file terkompresi menggunakan cara drag and drop atau copy and paste.

Cara mengkompres (zip) file dan folder di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It