Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows 10

Memori komputer adalah salah satu komponen penting dalam komputer. Memori atau yang lebih dikenal dengan istilah RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan data sementara. Memori dapat bekerja cepat dalam menyimpan dan mensuplai data yang dibutuhkan prosesor komputer untuk diolah lebih lanjut menjadi informasi. Karena itulah, kapasitas sebuah memori sangat penting untuk dipertimbangkan ketika membeli sebuah unit komputer.

Semakin besar kapasitas memori, akan semakin banyak pula data yang dapat disimpan dan disuplai yang pada akhirnya prosesor dapat mengolah data lebih banyak dan lebih cepat. Sekarang ini, banyak aplikasi memerlukan alokasi memori besar. Bila Anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, jumlah memori yang digunakan juga semakin besar dan pada akhirnya dapat menurunkan performa komputer.

Baca artikel: Mengenal Memori Komputer Dan Klasifikasinya

Anda bisa merasakan kinerja komputer menjadi semakin lambat untuk aplikasi yang sedang digunakan. Solusi yang mungkin dapat dilakukan adalah membatasi jumlah aplikasi yang sedang berjalan atau menambah kapasitas memori. Sebagai langkah awal, Anda dapat memeriksa berapa banyak memori yang saat ini digunakan. Berikut ini adalah beberapa cara memeriksa penggunaan memori di Microsoft Windows:

Baca artikel: Memeriksa Slot RAM Yang Terpakai Dan Yang Kosong Di Windows 10

1. Melalui Task Manager.

Gunakan pintasan keyboard Ctrl + Alt + Delete dan kemudian pilih atau klik Task Manager. Di Microsoft Windows 8 dan versi di atasnya, Anda perlu mengklik More details. Di jendela Task Manager, pastikan Anda berada di tab Performance dan di bilah sebelah kiri, pilih Memory.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer Windows

2. Melalui Resource Monitor.

Gunakan pintasan keyboard Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, ketik resmon dan kemudian klik tombol OK.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Jendela Resource Monitor menampilkan pengguaan memori dengan tepat meliputi berapa banyak memori yang digunakan dan aplikasi apa saja yang menggunakan memori tersebut.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer Windows

3. Melalui Performance Monitor.

Gunakan pintasan keyboard Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, ketik perfmon dan kemudian klik tombol OK.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer Windows

Di jendela Performance Monitor, klik Performance Monitor yang ada di bilah sebelah kiri di bawah Monitoring Tools.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer Windows

Bilah sebelah kanan akan menampilkanbila bagan atau grafik seperti gambar di bawah ini. Karena Anda ingin menampilkan penggunaan memori, Anda perlu menambahkan memori agar terlacak dan ditampilkan di bagan atau grafik. Klik tombol Plus warna hijau untuk melanjutkan.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer Windows

Di bilah sebelah kiri dari Available counters, gulung ke bawaah sampai Anda menemukan Memori. Pilih memori tersebut sehingga tersorot, kemudian klik tombol Add>> untuk menambahkan memori ke counter dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer Windows

Kembali ke bagan atau grafik yang ada di bilah sebelah kanan, klik baris Committed Bytes dan akan ditampilkan informasi penggunaan memori di kotak teks (text box) di bagian atasnya.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It