Keberadaan ikon (icon) di desktop komputer Windows adalah hal yang sudah umum. Setiap ikon desktop di komputer berbeda bisa berbeda dalam hal jumlah dan jenisnya, tergantung pengaturan yang dilakukan pengguna komputer tersebut. Secara default, ikon desktop di komputer Windows menggunakan ukuran ikon menengah (medium icons). Ukuran ikon default dapat dirubah menjadi lebih besar atau lebih kecil.

Ikon di desktop komputer bisa berupa ikon program, ikon folder atau ikon file. Ikon sendiri adalah pintasan (shortcut) untuk menjalankan program atau membuka folder atau file. Sebuah komputer bisa memiliki banyak ikon di desktop atau hanya menampilkan sedikit ikon. Banyak sedikitnya ikon di desktop tergantung pada banyak sedikitnya program, folder atau file yang ingin diakses cepat. Banyak sedikitnya ikon bisa menjadi pertimbangan ukuran ikon desktop yang digunakan.

Artikel menarik lainnya:

Bila ada banyak ikon di desktop, Anda mungkin menggunakan ukuran yang lebih kecil agar tidak menutupi tampilan desktop keseluruhan, sebaliknya, bila sedikit, Anda mungkin menggunakan ukuran yang lebih besar. Bila Anda ingin merubah ukuran ikon desktop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari ukuran default, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut ini adalah cara merubah ukuran ikon desktop di Windows:

1. Menu pintas (shortcut menus) di desktop.

Anda dapat merubah ukuran ikon desktop melalui menu pintas (shortcut menus) di desktop. Klik kanan di area kosong desktop untuk menampilkan menu pintas, pilih View (1) dan kemudian pilih salah satu ukuran ikon yaitu Large icons, Medium icons atau Small icons (2).

Baca artikel Cara Merubah Ukuran Ikon (Icon) Di Desktop Windows

Merubah ukuran ikon (icon) desktop di Windows

2. Menggunakan tombol keyboard CRTL + mouse wheel.

Ketika berada di desktop, Anda dapat merubah ukuran ikon desktop dengan cara menekan dan menahan tombol keyboard CTRL sambil kemudian menggulir roda mouse (mouse wheel) ke atas untuk memperbesar ukuran ikon atau ke bawah untuk memperkecil ukuran ikon.

Merubah ukuran ikon (icon) desktop di Windows

3. Pintasan keyboard SHIFT + CTRL + 1 s/d 8.

Ketika berada di desktop, Anda dapat merubah ukuran ikon desktop melalui pintasan keyboard (keyboard shortcut) dengan cara menekan dan menahan tombol keyboard SHIFT + CTRL dan kemudian menekan tombol keyboard 1 sampai dengan 8 untuk mendapatkan ukuran ikon yang diinginkan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It