Secara sederhana, browser atau peramban adalah program aplikasi untuk menampilkan laman web. Hampir dipastikan setiap unit komputer mempunyai lebih dari satu browser. Di antara beberapa browser yang sudah terinstal, ada satu browser yang menjadi browser favorit. Sekarang ini, ada tiga browser dengan pengguna terbanyak yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge.

Dari ketiga browser utama tersebut, Google Chrome masih tetap dominan dan mempunyai pengguna paling banyak. Google Chrome sendiri memiliki dua versi yaitu Google Chrome 32-bit dan Google Chrome 64-bit. Untuk Anda yang menggunakan Windows 64-bit, secara otomatis akan mendapatkan Google Chrome 64-bit. Bila awalnya Anda menggunakan Google Chrome 32-bit, Google Chrome akan melakukan upgrade otomatis ke 64-bit saat update otomatis terjadi.

Google Chrome 64-bit dianggap memiliki kelebihan terkait dengan stabilitas, performa dan keamanan dibandingkan dengan Google Chrome 32-bit. Google Chrome 64-bit akan memanfaatkan ketersediaan RAM yang lebih besar yang umumnya ada di Windows 64-bit. Namun demikian ini bukan jaminan bahwa Google Chrome 64-bit Anda akan berjalan tanpa masalah di Windows 64-bit.

Memperbaiki masalah layar hitam Google Chrome

Salah satu masalah yang mungkin muncul adalah cukup seringnya layar Google Chrome berubah menjadi hitam untuk beberapa saat dan kemudian kembali normal. Terkadang sebelum layarnya berubah menjadi hitam akan diawali dengan hang untuk beberapa saat pula. Hal ini cukup mengganggu. Bila Anda sedang streaming video dan Google Chrome mengalami masalah ini, video akan diputar lagi dari awal.

Masalah pada Google Chrome ini tidak bisa diperbaiki dengan menginstal ulang atau mengulang kembali (restart) Google Chrome. Masalah Google Chrome ini muncul mungkin terkait kompatibilitas dengan sistem operasi. Bila Anda juga mendapati permasalahan yang sama, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah dengan mengatur kompatibilitas proses ke Windows 7. Berikut ini adalah langkah-langkahnya di Microsoft Windows 10 Fall Creator Update:

Di layar dekstop, klik kanan ikon Google Chrome (1) untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Properties (2).

Memperbaiki masalah layar hitam Google Chrome

Di kotak dialog Google Chrome Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Compatibility (1), beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Run this program in compatibility mode for (2), pilih Windows 7 dari daftar kotak tarik turun (3), klik tombol Apply (4) dan selanjutnya klik tombol OK (5).

Memperbaiki masalah layar hitam Google Chrome

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It