Reset OBS Studio pengaturan default settings
Reset OBS Studio

Bila Anda suka membuat video tutorial untuk diunggah (upload) di YouTube dan suka juga berinteraksi dengan audien secara real time, Anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software) Studio. OBS Studio adalah aplikasi gratis (free) dan sumber terbuka (open source) untuk video recording dan live streaming yang dapat diinstal di platform Windows, macOS dan Linux. Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini dengan bebas tanpa terikat lisensi berbayar.

OBS Studio sendiri termasuk mudah digunakan. Meskipun ada cukup banyak pengaturan yang perlu dilakukan untuk disesuaikan dengan kebutuhan, sebenarnya pengaturan default atau pengaturan bawaan OBS Studio sudah dirasa cukup. Namun, untuk mendapatkan hasil video dan saat proses live streaming yang lebih baik, Anda perlu melakukan pengaturan (settings) sendiri disesuaikan dengan spesifikasi komputer dan hardware pendukung.

Bagi pengguna pemula OBS Studio, memang tidak mudah untuk menemukan pengaturan yang tepat. Anda perlu mencoba berkali-kali. Pengaturan yang mungkin Anda ikuti dari video tutorial atau blog, belum tentu tepat diterapkan karena spesifikasi komputer dan hardware pendukung yang berbeda. Ini akan menjadi tantangan dan butuh waktu bagi Anda untuk menemukan pengaturan yang tepat.

Satu hal yang sudah pasti dialami oleh banyak pengguna pemula OBS Studio adalah bingung ketika ingin mengembalikan ke pengaturan awal atau ke pengaturan default setelah banyak melakukan perubahan di sana sini. Setelah melakukan banyak perubahan pengaturan di OBS Studio, Anda merasa masih belum menemukan pengaturan yang tepat dan ingin memulai kembali dari awal. Untuk ini, Anda pelu reset OBS Studio ke pengaturan awal atau pengaturan default.

Sebenarnya, cara reset OBS Studio ke pengaturan awal (default setting) cukup mudah. Reset OBS Studio dapat dilakukan dengan cara menghapus semua file dan folder yang terletak di folder obs-studio. Setelah dihapus, OBS Studio akan dibuka atau dijalankan seperti saat pertama kali Anda selesai menginstal aplikasi ini. Folder obs-studio dapat ditemukan dengan mudah melalui menu di aplikasi OBS Studio sendiri atau melalui File Explorer bawaan Windows.

Berikut ini adalah cara reset OBS Studio ke default settings atau mengembalikan OBS Studio ke pengaturan awal seperti saat pertama kali baru diinstal.

1. Melalui aplikasi OBS Studio.

Buka atau jalankan aplikasi OBS Studio, klik menu File (1) dan kemudian pilih submenu Show Settings Folder (2). Setelah File Explorer dibuka otomatis, tutup (close) OBS Studio sementara waktu agar file dan folder yang terkait dengan perubahan pengaturan (settings) dapat dihapus.

Reset OBS Studio pengaturan default settings

Di File Explorer yang terbuka, Anda langsung dibawa ke folder obs-studio (1). Sorot atau seleksi semua file dan folder (2) yang terletak di folder obs-studio ini dan kemudian klik tombol Delete (3) untuk menghapusnya. Jangan kawatir, OBS Studio akan membuat kembali file dan folder ini ketika Anda menggunakan OBS Studio kembali.

Reset OBS Studio pengaturan default settings

2. Melalui File Explorer.

Cara lain untuk menemukan atau sampai ke folder obs-studio adalah melalui File Explorer langsung. Buka File Explorer terlebih dahulu, ketik %appdata% di kotak teks path dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Reset OBS Studio pengaturan default settings

Baca artikel:

Di area sebelah kanan, di daftar folder yang muncul, klik dua kali (double clicks) folder obs-studio.

Reset OBS Studio pengaturan default settings

Sorot atau seleksi semua file dan folder yang muncul (1) dan kemudian klik tombol Delete (2) untuk menghapus. Pastikan sebelum menghapus file dan folder yang ada di folder obs-studio, Anda sudah menutup (close) aplikasi OBS Studio.

Reset OBS Studio pengaturan default settings
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It