Cara menyalin (copy) atau memindahkan (move) file dan folder Windows

Cara Menyalin Atau Memindahkan File Dan Folder Di Windows 10 Dengan Mudah

Untuk mengelola file dan folder, Microsoft Windows telah tersedia aplikasi bawaan sendiri. Aplikasi tersebut adalah File Explore, penamaan untuk Windows 8 dan versi Windows di atasnya atau sebelumnya Windows Explorer, penamaan untuk Windows 7 dan versi Windows di bawahnya. File Explorer adalah aplikasi pengelola file dan folder dengan antar muka grafis (GUI) yang memberi kemudahan kepada para pengguna Windows.

Beberapa aktivitas mengelola file dan folder yang sering dilakukan adalah menyalin (copy) atau memindahkan (move) file dan folder. Anda mungkin menyalin file dan folder yang salinannya diletakkan di lokasi (folder) lain dan menjaga file dan folder asli tetap berada di lokasi (folder) semula atau Anda mungkin memindahkan file dan folder dari satu lokasi (folder) ke lokasi (folder) lain masih dalam satu drive atau berbeda drive.

Baca artikel Merubah Aksi Default Drag-And-Drop File Atau Folder Di Windows 10

Bila diperhatikan, ketika Anda melakukan drag and drop file dan folder di Windows 10 ke lokasi (folder) lain, aksi yang terjadi terkadang adalah menyalin file dan folder dan terkadang memindahkan file dan folder. Windows 10 sendiri memiliki aksi default terkait dengan ini berdasarkan lokasi (folder) sumber dan tujuan. Namun demikian, ini tetap membingungkan bagi pengguna Windows.

Baca artikel Mengetahui Jumlah File Dan Folder Di Folder Penyimpanan Di Windows

Sebenarnya, ada cara pasti untuk menyalin atau memindahkan file dan folder dari satu lokasi (folder) ke lokasi (folder) lain dengan mudah. Anda dapat melakukan drag and drop file dan folder menggunakan tombol kanan mouse. Ketika Anda melepas penekanan tombol kanan mouse tepat di lokasi (folder) tujuan, akan muncul menu pintas dan Anda dapat menentukan apakah ingin menyalin (copy) atau memindahkan (move).

Baca artikel:

Contoh berikut ini adalah menyalin atau memindahkan file dan folder dari satu lokasi (folder) bernama folderasal (1) ke lokasi (folder) lain bernama foldertujuan (2) di File Explorer. Seleksi terlebih dahulu file dan folder dengan cara mengklik dengan mouse. Untuk menyeleksi banyak file dan folder secara berurutan, tekan tombol keyboard Shift. Untuk menyeleksi banyak file dan folder secara acak, tekan tombol keyboard Ctrl.

Baca artikel Menyeleksi Atau Menyorot Banyak File Dan Folder Di Windows

Cara menyalin (copy) atau memindahkan (move) file dan folder di Windows 10

Lakukan drag and drop menggunakan tombol kanan mouse tepat di salah satu file atau folder yang diseleksi atau disorot dari folder folderasal ke folder foldertujuan. Ketika penekanan tombol mouse dilepas tepat di foldertujuan, akan muncul menu pintas.

Cara menyalin (copy) atau memindahkan (move) file dan folder di Windows 10

Dari menu pintas (shortcut menu) yang muncul, untuk menyalin (copy) file dan folder dan meletakkan salinan di folder foldertujuan, pilih Copy here (1). Untuk memindahkan (move) file dan folder ke folder foldertujuan, pilih Move here (2). Bila Anda ingin membatalkan menyalin atau memindahkan file dan folder yang diseleksi, pilih Cancel (3).

Cara menyalin (copy) atau memindahkan (move) file dan folder di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It