Konten adalah alasan utama pengunjung (visitor) mengunjungi blog atau website Anda. Karena itu, penyajian konten yang berkualitas, bermanfaat dan dapat memenuhi keingintahuan pengunjung akan informasi yang dicari menjadi sangat penting. Selain konten, pengunjung juga perlu kemudahan dan rasa nyaman ketika membacanya tanpa tergangu oleh iklan, jendela pop-up, video dan elemen web lain yang kurang berguna.

Periklanan digital terus berkembang pesat. Ada cukup banyak penyedia layanan periklanan digital saat ini dan Google menguasai pangsa pasar terbesar periklanan digital. Periklanan digital bekerja dengan cara menampilkan iklan di konten digital seperti pada blog atau situs video sharing. Itulah sebabnya, ketika Anda membuka halaman web, Anda akan sering melihat iklan ditampilkan bersama dengan konten.

Google selalu menekankan untuk mengutamakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Artinya, konten dan pengunjung seharusnya menjadi prioritas, bukan iklan. Harus ada keseimbangan antara konten dan iklan dan iklan tidak boleh lebih dominan dari konten. Namun kenyataannya, kita sering mendapati halaman web yang penuh iklan dan video yang memutar otomatis. Kita terkadang juga disibukkan menutup jendela pop-up yang sering muncul menutupi konten.

Apa itu fitur Reader mode.

Konten blog menjadi terdistorsi dan pengunjung blog menjadi terganggu. Bila Anda pengguna setia browser Google Chrome, Anda akan terbantu dengan adanya fitur Reader mode. Google Chrome memiliki fitur Reader mode, meskipun dikatakan terlambat karena browser-browser lainnya seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan Safari telah memiliki fitur semacam ini sudah cukup lama.

Fitur Reader mode di Google Chrome bekerja dengan cara mengurangi distorsi pada konten, yaitu menghilangkan elemen-elemen web yang dianggap kurang berguna seperti iklan, bagian komentar, animasi serta sidebar dan hanya menampilkan judul artikel, teks artikel dan gambar artikel. Fitur Reader mode masih dalam tahap mengembangan, belum bisa diakses melalui antarmuka (user interface) Google Chrome dan secara default dinonaktifkan.

Baca artikel Fitur Reading View Microsoft Edge, Membaca Halaman Web Tanpa Gangguan

Mengaktifkan fitur Reader mode.

Telah disinggung sebelumnya, fitur Reader mode masih dalam pengembangan, masih tersembunyi, belum menjadi fitur resmi yang bisa diakses mudah melalui antarmuka browser Google Chrome dan secara default nonaktif. Namun demikian, bila Anda telah menggunakan Google Chrome versi 75.0 atau versi yang lebih tinggi, Anda dapat mengaktifkan fitur Reader mode ini. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur Reader mode Google Chrome:

Baca artikel Menonaktifkan Pembaruan (Update) Otomatis Google Chrome

Jalankan browser google Chrome dan buka halaman web chrome://flags/#enable-reader-mode, di bagian Enable Reader Mode, klik ikon anak panah pada tombol berlabel Disabled, kemudian klik opsi Enabled (1) dan selanjutnya klik tombol Relaunch Now yang ada di bagian paling bawah (2). Browser Google Chrome dijalankan kembali dengan fitur Reader mode telah diaktifkan.

Fitur Reader mode Google Chrome, manfaat, cara mengaktifkan dan menggunakan

Menggunakan fitur Reader mode.

Setelah Anda mengaktifkan fitur Reader mode, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengurangi gangguan seperti iklan, jendela pop-up, sidebar pada halaman web yang sedang dibuka sehingga Anda benar-benar fokus pada kontennya saja. Halaman web menjadi lebih bersih dan nyaman. Fitur Reader mode hanya bekerja pada halaman web aktif, tidak pada halaman web yang sebelumnya atau yang berikutnya dibuka.

Ketika Anda mendapati halaman web yang penuh iklan atau ada jendela pop-up yang sering muncul sehingga menggangu, Anda dapat menggunakan fitur Reader mode pada halaman web aktif tersebut dengan cara klik tombol Customize and control Google Chrome (1) dan kemudian pilih Distill page (2). Halaman web akan dimuat ulang (reload) dengan hanya menampilkan judul artikel, teks artikel dan gambar artikel.

Fitur Reader mode Google Chrome, manfaat, cara mengaktifkan dan menggunakan

Note: Gunakan fitur Reader mode ini secara bijak hanya pada halaman web dengan iklan, jendela pop-up atau elemen web lain yang benar-benar sangat mengganggu. Iklan pada halaman web juga penting untuk keberlangsungan sebuah blog atau website agar terus bisa menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk semua.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It